Besok, Wisata Gunungkidul Tutup Sehari, Ada Apa?

Kompas.com - 12/07/2020, 17:15 WIB
Suasana Pantai Kukup Saat Uji Coba Wisata New Normal Rabu (24/6/2020) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOSuasana Pantai Kukup Saat Uji Coba Wisata New Normal Rabu (24/6/2020)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, akan menutup semua tempat wisata yang melaksanakan uji coba selama sehari.

Penutupan karena akan dilakukan penyemprotan desinfektan.

"Senin off semua untuk pembersihan dan desinfektan, seluruh destinasi kita liburkan untuk hari Senin," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti, Minggu (12/7/2020).

Baca juga: Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul Bakal Buka Bertahap

Semula, uji coba pembukaan tempat wisata yang dimulai pada 22 Juni hanya dilakukan di lima titik--river tubing Kalisuci, Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron dan Kukup.

 

Namun, seiring adanya perpanjangan masa uji coba, jumlah tempat wisata yang dibuka terus ditambah. 

Sejak Sabtu (11/7/2020), Pemda Gunungkidul uji coba beberapa tempat wisata lain, seperti  Pantai Gesing, Nglambor-Siung, Nguyahan, Timang.

Sementara untuk tempat wisata non-pantai yakni Telaga Jonge dan Lembah Ngingrong.

Baca juga: Uji Coba Wisata Gunungkidul, Pantai Baron dan Kukup Ramai Dikunjungi Wisatawan

Adapun untuk tahapan uji coba akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung dan jam pembukaan.

Setelah adanya perpanjangan masa uji coba pembukaan tempat wisata, Pemda Gunungkidul menargetkan penambahan tempat wisata yang dibuka.

Targetnya, pada akhir Juli seluruh tempat wisata pantai sudah menjalani uji coba.

"Sebenarnya ada beberapa kawasan pantai yang rencananya uji coba pada hari Sabtu kemarin (11/7/2020), namun setelah dilakukan simulasi dan konsilidasi pengelola belum siap," ucap dia.

Baca juga: Uji Coba Kalisuci Gunungkidul Dibuka, Masih Sepi Pengunjung

Wisatawan mulai banyak 

Sementara itu, soal wisatawan yang masuk ke kawasan pantai belum diujicoba, Asti mengatakan, ada alasan tersendiri bagi pengunjung.

"Karena pengunjung maunya disitu, padahal belum buka, Untuk uji coba kawasan yang lain menyusul, seperti Pantai Sepanjang dan sekitarnya kemungkinan hari Selasa (14/7/2020)," katanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X