Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eco Park Sungailiat di Bangka, Wisata Selfie Sambil Belanja Bibit Tanaman

Kompas.com - 15/07/2020, 17:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com – Jika kamu ingin mempercantik laman Instagram dengan foto-foto yang apik, mungkin kamu harus berkunjung ke wilayah Air Ruai, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: 6 Spot Foto Instragramable di Eco Park Sungailiat Bangka

Ada obyek wisata unik yang menawarkan pemandangan bukit dan udara yang masih sejuk. Terletak di Jalan Teuku Umar, Eco Park Sungailiat berada persis di bawah kaki perbukitan.

Pada Maret 2020 lalu, Kompas.com berkesempatan datang ke Eco Park Sungailiat.

“Kegiatan selain berfoto-foto, bisa juga santai dan duduk-duduk cari pemandangan. Nikmati pemandangan bukit. Bisa foto demgam pemandangan belakang langsung mengarah ke view bukit,” tutur Pengelola Eco Park Sungailiat, Yuyun, saat ditemui Kompas.com di sela-sela acara Familiarization Trip 2020, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).

Salah satu spot berfoto di Eco Park, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu spot berfoto di Eco Park, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).
Setidaknya terdapat 10 spot berfoto di lahan seluas tiga hektar tersebut. Namun, ada enam lokasi lainnya yang juga cocok untuk spot berfoto.

Beberapa wahana berfoto tersebut antara lain adalah lampion gantung, terowongan ranting kayu, dan rumah warna-warna warni.

Jika menyusuri turunan dekat toko oleh-oleh di seberang taman bunga, kamu bisa menikmati pemandangan bukit sembari berfoto di ayunan gantung.

Selain itu, ada beberapa kebun yang tersebar di beberapa area di dalam Eco Park. Beberapa kebun tersebut terdiri dari kebun daun paya, terong, bayam, jeruk kunci, daun seledri, kangkung, hingga jagung.

Bangunan yang dapat dijadikan sebagai spot berfoto di Eco Park, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Bangunan yang dapat dijadikan sebagai spot berfoto di Eco Park, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).

Yuyun menuturkan bahwa khusus untuk pelajar sekolah biasanya datang untuk mempelajari tanaman dan buah-buahan yang ada di sana.

“Rombongan anak sekolah dari SMP dan SMA sering ke sini untuk belajar. Untuk itu (kegiatan mempelajari tanaman dan buah-buahan di perkebunan Eco Park) kami tidak ada kegiatan, seringnya sekolah yang datang dan mengadakannya,” kata Yuyun.

Baca juga: Wisata Bangka, Main Olahraga Air di Pantai Batu Bedaun

Sayangnya pengunjung tidak bisa ikut serta dalam kegiatan berkebun. Yuyun menuturkan bahwa saat panen tiba, wisatawan dan masyarakat setempat sering membeli hasil panen.

Pengunjung juga bisa belanja bibit untuk ditanam di lahan masing-masing. Bibit yang dijual cukup beragam.

Sebut saja bibit durian, nangka, dan cempedak. Harga bibit berada di kisaran mulai Rp 10.000 tergantung jenis tanaman dan buahnya.

Salah satu spot berfoto di Eco Park, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu spot berfoto di Eco Park, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).
Eco Park Sungailiat buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 18:00 WIB. Untuk harga tiket dikenakan Rp 10.000 per orang. Anak berusia di bawah 7 tahun bisa masuk secara gratis.

Tiket tersebut nantinya bisa ditukar dengan minuman seperti air mineral dingin atau es teh. Untuk menukarkannya, kamu cukup berjalan menanjak ke arah bangunan paling atas.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com