Mengarungi Sungai Upang di Bangka, Saatnya Berburu Sunset

Kompas.com - 16/07/2020, 18:32 WIB
Saat berkunjung ke Sungai Upang, Kabupaten Bangka, kamu bisa menikmati kegiatan susur sungai hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Jumat (6/3/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianSaat berkunjung ke Sungai Upang, Kabupaten Bangka, kamu bisa menikmati kegiatan susur sungai hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Jumat (6/3/2020).

BANGKA, KOMPAS.com – Desa Tanah Bawah, sebuah desa kecil yang terletak di Kabupaten Bangka menawarkan panorama nan asri bagi wisatawan.

Bentangan perkebunan kelapa sawit, rerumputan hijau, pepohonan rindang, dan hembusan angin besar terasa di sepanjang jalan.

Salah satu obyek wisata di desa ini adalah Sungai Upang. Terletak 7 kilometer dari jalur utama Desa Tanah Bawah, sungai tersebut masih terlihat asri dan bersih.

Baca juga: Eco Park Sungailiat di Bangka, Wisata Selfie Sambil Belanja Bibit Tanaman

Kompas.com sempat berkunjung pada Maret 2020 lalu ke kawasan Sungai Upang. Seperti apakah keindahan yang ditawarkan oleh sungai yang melewati Desa Nibung hingga Desa Saing ini?

Dengan menggunakan mobil, Kompas.com meluncur dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang menuju Desa Tanah Bawah yang terletak di Kecamatan Puding Besar, Jumat (6/3/2020).

Jarak tempuh kurang lebih 54 kilometer dalam waktu sekitar 1 jam 15 menit. Di sepanjang jalan tersebut, pemandangan yang ditawarkan terbilang indah dan menyegarkan.

Meski jalur yang ditempuh cukup sempit dan berkelok, namun rasa khawatir langsung hilang sesaat melihat pemandangan alam yang ditawarkan Pulau Bangka.

Kegiatan menyusuri sungai Upang di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Kegiatan menyusuri sungai Upang di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).
Sepanjang perjalanan, terdapat hal unik yang ada di sepanjang jalan dari Pangkalpinang menuju Desa Tanah Bawah.

Terdapat setidaknya dua balong yang dijadikan sebagai tempat pemandian umum yang terletak tepat di sisi kanan jalan yang ramai digunakan masyarakat setempat.

Beberapa warga lokal terlihat memanfaatkan kedua balong tersebut sebagai tempat mencuci baju, berendam, hingga untuk bermain air.

Baca juga: Indahnya Pantai Matras di Bangka, Bisa Berkemah sambil Bakar Ikan

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X