Catat, Rute Perjalanan Menuju Sungai Upang dari Sungailiat Bangka

Kompas.com - 16/07/2020, 19:00 WIB
Pulau Anggrek adalah tempat untuk melakukan konservasi tanaman anggrek di Sungai Upang, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianPulau Anggrek adalah tempat untuk melakukan konservasi tanaman anggrek di Sungai Upang, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).

BANGKA, KOMPAS.com – Pulau Bangka memiliki konsep wisata konservasi yang berada di Sungai Upang. Sungai Upang terletak di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka.

Jika ingin bertandang ke sana, kamu bisa langsung meluncur dari Pangkalpinang. Pangkalpinang merupakan salah satu kota di Kabupaten Bangka, sekaligus ibu kota provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Wisata Baru di Pulau Bangka, Susuri Sungai Upang

Biasanya, wisatawan ke Sungai Upang setelah berjalan-jalan di Sungailiat, kota di Kabupaten Bangka. Jarak tempuh kurang lebih 48 kilometer.

Berikut rute perjalanan menuju sungai Upang yang terletak di Desa Tanah Bawah yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (11/3/2020):

Mulai dari Taman Kota Sungailiat

Taman Kota Sungailiat merupakan titik aman untuk memulai perjalanan agar jarak tempuh tidak terlalu jauh. Dari Jalan Taman Kota, kamu bisa berjalan lurus terus menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Di sepanjang jalan, kamu akan melewati Masjid Baitul Ummah di sisi kiri. Sementara di sisi kanan kamu bisa jadikan KFC, Kantor Pos Sungailiat, dan Warung Mang Bewok di sisi kanan.

Setelah melewati Warung Mang Bewok, belok kanan di perempatan pertama. Jalanan ini dinamakan Jalan Batin Tikal. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa jalan lurus terus melewati empat pertigaan, dan satu perempatan.

Kegiatan menyusuri Sungai Upang yang dapat dilakukan oleh wisatawan hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Kegiatan menyusuri Sungai Upang yang dapat dilakukan oleh wisatawan hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).

Kamu bisa jadikan Warkop Kongke di sisi kanan dan Epoc Coffee & Resto di sisi kiri sebagai patokan jalan. Kemudian, kamu tetap jalan lurus hinga menemui Masjid Al Muhajirin Air Ruai.

Masjid tersebut terletak di sisi kanan perempatan. Dari sini, kamu tetap jalan lurus. Namun, beberapa kilometer dari sana kamu akan melihat jalur persimpangan antara Jalan Batin Tikal dan Jalan Imam Bonjol yang cukup rumit.

Di sini, kamu ambil arah serong kanan ke arah Jalan KH. Agus Salim dan jangan belok kanan. Sebab, jika kamu ambil belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja jalanan tersebut mengarah ke tempat lain.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X