Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Flores, Senja di Pantai Borong dan Nangalanang Manggarai Timur

Kompas.com - 17/07/2020, 17:03 WIB
Markus Makur,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Bukan hanya Labuan Bajo memiliki keunikan matahari terbenam yang eksotis di wilayah Flores Barat, Nusa Tenggara Timur.

Ada yang lebih eksotis juga yaitu senja di Pantai Borong dan Nangalanang dan dari Kampung Lidi. Pantai Borong dan Nangalanang berada di Kabupaten Manggarai Timur, tepatnya di sisi selatan.

Baca juga: Eloknya Danau Rana Kulan yang Tersembunyi di Manggarai Timur

Pantai Borong berada di wilayah Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong. Sementara itu Pantai Nangalanang berada Desa Bea Ngencung, Kecamatan Ranamese.

Saat matahari terbenam di Pantai Borong dan Nangalanang, wisatawan bisa menyaksikan nelayan dengan perahu berlayar di sela-sela matahari yang mengenai air laut.

Para nelayan itu pulang ke rumah sambil membawa hasil tangkapan ikan di perairan Borong dan sekitarnya.

Sinar matahari berada diatas bukit gunung Poco Ndeki saat matahari terbit dari Timur di wilayah selatan dari Kabupaten Manggarai Timur, NTT, (14/3/2020). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Kedua, matahari terbenam di bagian barat yang disaksikan dari Pantai Nangalanang, Desa Bea Ngencung, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Sabtu, (14/3/2020). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Sinar matahari berada diatas bukit gunung Poco Ndeki saat matahari terbit dari Timur di wilayah selatan dari Kabupaten Manggarai Timur, NTT, (14/3/2020). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR) Kedua, matahari terbenam di bagian barat yang disaksikan dari Pantai Nangalanang, Desa Bea Ngencung, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Sabtu, (14/3/2020). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Berjemur di pantai

Pasir di Pantai Borong dan Nangalanang juga tempat terbaik untuk berjemur di saat matahari terbenam.

Setiap sore wisatawan lokal sering berada di Pantai Borong dan Nangalanang untuk menyaksikan matahari terbenam.

Wisatawan yang Kompas.com temui yaitu Ambrosius Adir, Pankrasius Purnama, dan Krispinus Lois Gonzales menjelaskan, bahwa senja di Pantai Borong dan Nangalanang sangat indah dan unik.

Wisatawan bisa menyaksikan matahari yang turun perlahan-lahan ke bagian barat.

"Setiap matahari mulai terbenam di Pantai Borong dan Nangalanang, kami selalu menuju ke Pantai Borong untuk memotret dan menikmati matahari kembali kepada Sang Pemiliknya," kata mereka kepada Kompas.com, pada Sabtu (14/3/2020) lalu. 

"Saat kami berada di Kota Borong, kami memperhatikan matahari mulai ada tanda-tanda terbenam, maka kami secepatnya menuju ke Pantai Borong untuk menyaksikan keunikan alam.

Sementara itu, mereka mengakui pada akhir pekan juga berwisata Pantai Nangalanang dengan menyeberangi Kali Waemusur. Sayangnya, sungai ini belum memiliki jembatan permanen.

 

Matahari terbenam di Pantai Borong, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, (14/3/2020). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Matahari terbenam di Pantai Borong, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, (14/3/2020). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)
Melihat matahari terbit

Sementara itu, warga setempat, Theodorus Pamput mengatakan bahwa salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit di Manggarai Timur adalah bukit Poco Ndeki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com