De Locomotief Sungailiat, Wisata Instagenic Sekaligus Penangkaran Penyu di Bangka

Kompas.com - 17/07/2020, 19:10 WIB
Jalur utama menuju Pantai Tongaci di Kabupaten Bangka yang melewati area De Locomotief, Sabtu (7/3/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianJalur utama menuju Pantai Tongaci di Kabupaten Bangka yang melewati area De Locomotief, Sabtu (7/3/2020).

KOMPAS.com – Obyek wisata di Sungailiat identik dengan serba pantai. Namun ada pula tempat wisata menarik seperti tempat penangkaran penyu.

De Locomotief terletak tepat di tepi Pantai Tongaci, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Mengarungi Sungai Upang di Bangka, Saatnya Berburu Sunset

Di sini ada dua tempat penangkaran penyu. Satu berada di sebuah kolam yang terdapat dalam sebuah bangunan, satu berada di laut.

“Sebelum destinasi wisata Pantai Tongaci dibangun (De Locomotief), penangkaran penyu ada di Pantai Batavia. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Tongaci. Penangkaran sudah berdiri sejak tahun 2008,” kata Manager De Locomotief, Edo Firdaus, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Jumlah penyu yang berada di penangkaran kurang lebih 100 ekor dan terdiri dari penyu dewasa dan tukik (bayi penyu).

Kendati demikian, perawatan tukik dikatakan cukup sulit. Dari 500 butir telur tukik yang dirawat, hanya sekitar 100 ekor tukik yang bisa selamat.

Penangkaran penyu di Pantai Tongaci, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (7/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Penangkaran penyu di Pantai Tongaci, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (7/3/2020).
Penyu yang sudah dewasa dan tumbuh dengan keadaan sehat akan dikembalikan ke habitatnya di Pantai Tongaci. Sementara tukik akan dirawat dan dijauhkan dari laut untuk menghindari predator.

“Kita ada event pelepasan penyu-penyu dewasa oleh para petinggi daerah. Tukik tidak dilepaskan karena keadaan laut yang tercemar penambangan timah (ditakutkan memengaruhi pertumbuhan tukik),” kata Edo.

Bertemu penyu

Di penangkaran, wisatawan boleh bertemu dengan penyu. Boleh saja menyentuh, tetapi hanya penyu dewasa yang berada di kawasan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X