Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Museum di Jambi Buka Kembali, Apa Saja?

Kompas.com - 17/07/2020, 20:14 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

JAMBI, KOMPAS.com - Tiga museum kebudayaan di Kota Jambi, Provinsi Jambi telah dibuka kembali untuk kunjungan masyarakat umum.

“Secara resmi pada tanggal 6 Juli museum telah dibuka untuk umum, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Kasubag Tata Usaha Museum Siginjei Jambi Muzakir di Jambi, Kamis (17/7/2020) seperti dikutip dari Antara.

Tiga museum kebudayaan yang telah dibuka di daerah itu yakni Museum Siginjei, Museum Perjuangan Rakyat Jambi, dan Museum Gentala Arasy.

Baca juga: 7 Jenis Pempek yang Bisa Kamu Temui di Jambi

Ketiga museum kebudayaan di daerah itu dibuka untuk umum setelah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jambi dan telah ditinjau oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi.

Sejak dibuka pada tanggal 6 Juli 2020, kunjungan masyarakat ke museum cukup banyak. Kunjungan lebih didominasi oleh mahasiswa yang mengumpulkan data untuk perkuliahan.

Serta juga terdapat masyarakat umum yang membawa keluarganya berekreasi di museum.

“Museum ini adalah media pembelajaran, harapannya masyarakat tetap hadir dan berkunjung ke museum, kita jamin aman karena protokol kesehatan yang diterapkan cukup ketat,” kata Muzakir.

Muzakir menuturkan museum merupakan tempat tersimpannya data, artefak, peninggalan sejarah dan kebudayaan masyarakat. Seperti kesenian, bahasa, kearifan lokal, sejarah terbentuknya suatu daerah hingga kebudayaan suatu daerah terdapat di museum.

Jika ada yang ingin melakukan pengembangan terhadap pengembangan kebudayaan, maka harus data ke museum. Sebab di museum tertata rapi kebudayaan suatu masyarakat. Di Museum Siginjei khususnya kebudayaan masyarakat Jambi.

“Jadi, siapapun masyarakat Jambi yang ingin mengembangkan kebudayaan dia harus datang ke museum,” kata Muzakir.

Museum Perjuangan Rakyat Jambi menjadi salah satu tujuan tim Avanzanation Journey.Donny Apriliananda Museum Perjuangan Rakyat Jambi menjadi salah satu tujuan tim Avanzanation Journey.

Dibukanya tiga museum di Kota Jambi tersebut juga untuk menyambut tatanan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.

Pengunjung yang akan mendatangi Museum Siginjei terlebih dahulu akan diperiksa suhu tubuhnya.

Selanjutnya dipersilakan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir yang telah di sediakan. Pengunjung akan dipandu oleh petugas dari museum untuk melakukan kunjungan di dalam museum.

Baca juga: Candi Muaro Jambi, Kampus Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Museum Siginjei

Awalnya museum ini bernama Museum Negeri Jambi. Lokasinya ada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kota Jambi. Ada sekitar 3.373 koleksi benda bersejarah dari abad ke-5 sampai era masuknya Islam ke Jambi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com