Bagaimana Menginap di Hotel Saat New Normal?

Kompas.com - 20/07/2020, 16:10 WIB
Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianProtokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hotel di Jakarta sudah mulai beroperasi kembali dan siap menerima tamu selama era new normal.

Selama beroperasi kembali, setiap hotel menerapkan protokol kesehatan yang tertera dalam acuan khusus sektor pariwisata Indonesia.

Protokol kesehatan disahkan melalui KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Lewat undangan Tiket.com, Kompas.com berkesempatan menginap di salah satu hotel di Jakarta untuk melihat seperti apa penerapan protokol kesehatannya, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: Begini Protokol Kesehatan Saat di Lobi Hotel

Saat memasuki area hotel, para tamu akan diperiksa suhu tubuhnya di pintu gerbang oleh satpam yang menggunakan masker dan sarung tangan.

Jika suhu melebihi 37,8 derajat celcius, tamu tidak diperkenankan untuk memasuki area hotel meskipun tamu adalah pemilik hotel.

Sesampainya di pintu masuk menuju lobi, para tamu diimbau oleh satpam untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melewati mesin sensor dan menuju lobi.

“Sebelumnya cek suhu tubuh dua kali. Tapi tamu komplain karena ada perbedaan suhu yang cukup signifikan saat diperiksa di pintu gerbang dan sebelum masuk area lobi,” kata General Manager The Kuningan Suites, Alain John, kepada Kompas.com.

Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Protokol kesehatan hotel The Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Proses check-in

Setelah mencuci tangan, tamu diarahkan ke area resepsionis untuk mengambil kunci kamar. Di sana, terdapat beberapa tanda berwarna merah di lantai.

Tanda tersebut bertujuan untuk mengatur alur antrean tamu. John menuturkan, sebelumnya jarak diatur satu meter namun kini diubah menjadi dua meter.

Selama di area resepsionis, tidak ada prosedur baru terkait pemesanan kamar atau proses check-in selain tamu harus cuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan.

Resepsionis yang berjaga mengenakan alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari sarung tangan, masker, dan penutup wajah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X