Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Kompas.com - 22/07/2020, 09:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyuwangi dan area sekitarnya memiliki berbagai macam pilihan tempat wisata. Jika berkunjung, rasanya mungkin tidak cukup hanya dalam beberapa hari saja.

Hal tersebut diamini oleh Head of Domestic Products Panorama JTB Tours, Rery Sankyo, dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jalan-jalan ke Banyuwangi, Bisa Nikmati Apa Saja?”, Selasa (21/7/2020).

“Kita ke arah barat laut, ke Taman Nasional (TN) Baluran. Dari sana, malam hari ke Kawah Ijen bagi yang fit untuk trekking di sana,” kata Rery.

Baca juga: Pilihan Wisata Alam di Banyuwangi, Cocok untuk Wisatawan Keluarga

TN Baluran dan Kawah Ijen

TN Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo. Tempat wisata yang digadang-gadang sebagai Afrikanya Indonesia ini menawarkan berbagai macam pemandangan.

Mulai dari hutan bakau, padang savana, hingga Pantai Bama. Di sana juga terdapat beberapa hewan seperti banteng dan kerbau liar yang bisa dilihat wisatawan melalui mobil safari.

Perjalanan dari TN Baluran menuju Kawah Ijen memakan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 33 menit menggunakan mobil.

Kawah Ijen berada di Gunung Ijen, tepatnya di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Tempat wisata tersebut menawarkan sesuatu yang unik, Blue Fire atau Api Biru.

Baca juga: Kawah Ijen Dibuka Lagi, Jangan Lupa Taati Protokol Saat Berkunjung

Kawah Ijen merupakan satu dari dua tempat di dunia yang memiliki api biru. Untuk melihat fenomena alam tersebut, kamu bisa mulai pendakian pukul 01:00 WIB.

Jika kondisi sedang sehat, waktu tempuh hanya sekitar dua jam. Namun perlu dicatat bahwa api mulai mengecil menjelang pukul 05:00 WIB. Sebaiknya kamu jangan terlalu lama.

“Ke arah barat daya, masuk ke Taman Nasional (TN) Meru Betiri. Di sana gak bisa day trip. Harus menginap di dalam taman nasional, ada guesthouse dan lodge,” ujar Rery.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com