Rekomendasi 6 Pantai di Banyuwangi, Ada Spot Surfing Kelas Dunia

Kompas.com - 22/07/2020, 14:55 WIB
Teluk Hijau, salah satu pantai indah di Banyuwangi. https://pesona.travelTeluk Hijau, salah satu pantai indah di Banyuwangi.

KOMPAS.com – Banyuwangi terkenal dengan beberapa pantainya yang memiliki keunikan sendiri, seperti pantai untuk berselancar, hingga melepas anak penyu.

Berikut rekomendasi enam pantai di Banyuwangi yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (22/7/2020):

1. Pantai Plengkung

Head of Domestic Products Panorama JTB Tours, Rery Sankyo, menuturkan, Pantai Plengkung yang juga dikenal sebagai G-Land cocok bagi para peselancar.

“Sangat dikenal sama para peselancar internasional. G-Land punya ombak terbaik di dunia, satu dari tujuh ombak terbaik di dunia,” kata Rery.

Hal tersebut diungkapkan olehnya dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jalan-jalan ke Banyuwangi, Bisa Nikmati Apa Saja?”, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Pantai Plengkung, Surganya Para Pecinta Surfing di Banyuwangi

Rery mengatakan, pantai tersebut disebut sebagai G-Land karena karena letaknya yang berada di Teluk Grajagan, serta bentuk pantainya yang menyerupai huruf G.

Selain memiliki ombak terbaik di dunia, ternyata Pantai Plengkung juga dikenal sebagai spot selancar terbaik di Asia Tenggara.

G-Land di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan surga bagi peselancar. Ombak di sini disebut-sebut tertinggi kedua setelah Hawaii.ARSIP KOMPAS TV G-Land di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan surga bagi peselancar. Ombak di sini disebut-sebut tertinggi kedua setelah Hawaii.

Berkunjung ke Pantai Plengkung dapat dilakukan antara bulan April hingga Oktober. Ombak yang muncul cocok untuk selancar.

G-Land menawarkan ombak berlapis-lapis yang cukup besar. Tinggi ombak bisa di antara 1 – 2 meter, bahkan terkadang bisa lebih dari lima meter.

Kendati terkenal akan pantai para peselancar, namun wisatawan bisa melakukan kegiatan lain seperti trekking melalui hutan bambu.

Baca juga: Liburan ke Desa Wisata Osing Banyuwangi, Bisa Belajar Tari Gandrung

Apabila beruntung, kamu mungkin bisa melihat serombongan rusa yang mencari makan di sepanjang pantai.

Pantai Plengkung terletak di Taman Nasional (TN) Alas Purwo. Jaraknya sekitar 22 km dari pintu masuk. Wisatawan akan diantar menggunakan kendaraan yang disewakan di Pos Pancur untuk menuju ke pantai.

2. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Jika kamu peselancar baru, maka bisa berkunjung ke sini.

Sebab, kamu akan lebih mudah mengontrol papan selancar saat menaiki gulungan ombak setinggi dua meter. Bebatuan karangnya pun tidak terlalu banyak.

Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini juga menawarkan pemandangan yang menarik. Kamu bisa melihat sebuah bukit setinggi 200 meter yang menghadap ke pantai.

Baca juga: Di Pulau Merah Banyuwangi, Sampah Plastik Bisa Ditukar Emas

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.BARRY KUSUMA Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Sebetulnya kalau air sedang surut, pulau kelihatan menyambung (dengan pesisir pantai). Tapi pas air pasang, kayak pulau terpisah,” ujar Rery.

Untuk berselancar, kamu bisa berkunjung pada Mei – Desember tergantung cuaca. Jika lupa membawa papan selancar, di sana terdapat tempat untuk menyewanya.

Pantai Pulau Merah terletak dekat dengan desa nelayan Pancer. Sembari menikmati keindahan alam, kamu bisa berkunjung ke sana untuk mengobrol dan mempelajari kebiasaan masyarakat setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X