Kabar Gembira, Kucing Gli yang Terkenal Tetap Tinggal di Hagia Sophia

Kompas.com - 26/07/2020, 10:07 WIB
Dalam foto yang diambil pada 2 Juli 2020, nampak Gli Si Kucing berada di Hagia Sophia, Istanbul, Turki. REUTERS/MURAD SEZERDalam foto yang diambil pada 2 Juli 2020, nampak Gli Si Kucing berada di Hagia Sophia, Istanbul, Turki.


KOMPAS.com - Keputusan pemerintah Turki yang mengubah status Hagia Sophia menjadi masjid, membuat publik juga bertanya-tanya mengenai nasib kucing hits di tempat itu, Gli.

Saking populernya, Gli memiliki ribuan pengikut di akun Instagramnya. Bahkan Presiden AS Barack Obama pun pernah mengelusnya.

Baca juga: Sejarah Hagia Sophia, Perjalanan Kembali Menjadi Masjid

Dilansir Reuters Jumat (24/7/2020), kucing abu-abu bermata hijau ini diputuskan untuk tetap tinggal di Hagia Sophia.

Pihak berwenang telah memperjelas Hagia Sophia tetap menjadi rumah dari Gli. Hal ini diungkapkan Juru Bicara Presiden Turki, Ibrahim Kalin.

Ia mengatakan, Gli dan kucing lainnya di daerah tersebut akan tetap bisa ke masjid Hagia Sophia.

"Kucing itu menjadi sangat terkenal, bahkan melebihi orang lain. Kucing itu akan ada di sana, dan semua kucing dipersilakan ke masjid kami," katanya seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Hagia Sophia Turki Jadi Masjid, Apakah Masih Bisa Dikunjungi Turis?

Kabar gembira ini menjadi angin segar bagi para pencinta Gli yang belakangan ramai bertanya nasib kucing itu, di media sosial dan media berita lokal.

Umut Bahceci, yang merupakan pemandu wisata sekaligus pembuat akun Instagram untuk Gli pada 2016, tampak begitu berbahagia mendengar kabar ini.

Akun tersebut sudah berusia empat tahun dan memiliki total pengikut sebanyak 48.000 akun.

Gli, kucing penghuni Hagia Sophia Turki selama 14 tahun. Dok. Lonely Planet Gli, kucing penghuni Hagia Sophia Turki selama 14 tahun.

Ia mengenal Gli sejak pertama kali melihatnya sering bolak-balik masuk Hagia Sophia.

Halaman:


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X