Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Gedung Sate, Naik Balon Terbang hingga Lihat Lukisan

Kompas.com - 27/07/2020, 17:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comGedung Sate merupakan salah satu gedung ikonik di Jawa Barat yang tahun ini berusia 100 tahun.

Dikenal sebagai kantor untuk gubernur Jawa Barat--bangunan tersebut juga memiliki bagian yang didedikasikan untuk museum.

Museum terletak di lantai dasar gedung meski sebelumnya berada di lantai empat. Museum pun memiliki beberapa teknologi canggih guna membuat wisatawan semakin tertarik ke sana.

“Saat ini, Gedung Sate semakin canggih dengan kemajuan teknologi, beragam dokumentasi tentang sejarahnya pun dapat dilihat di Museum Gedung Sate yang dibuka sejak akhir 2017,” seperti tertera dalam unggahan Twitter @humasjabar, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Sejarah Gedung Sate yang Kini Berusia 100 Tahun

Lantas, ada apa saja di Museum Gedung Sate yang harus dilihat wisatawan saat berkunjung ke sana?

1. Media interaktif

Media Interaktif terletak tidak jauh dari loket pembelian tiket. Saat memasuki pintu menuju ruang pameran, kamu bisa langsung mengarah ke kanan.

Di sana, kamu akan melihat sebuah layar besar. Melalui layar tersebut, kamu bisa melihat interaksi yang ditawarkan dengan menyentuhnya.

Saat menyentuh layar, kamu bisa menggerakkan berbagai tipe pilar atau atap yang membentuk Gedung Sate. Namun, instalasi hanya dapat digunakan untuk beberapa hal terbatas.

Melalui media interaktif ini, kamu bisa melihat apa saja yang membentuk Gedung Sate. Cara menggunakannya adalah dengan menekan dan menggeser tombol tanda panah dengan menggunakan lima jari, Gedung Sate, Bandung, Kamis (16/1/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Melalui media interaktif ini, kamu bisa melihat apa saja yang membentuk Gedung Sate. Cara menggunakannya adalah dengan menekan dan menggeser tombol tanda panah dengan menggunakan lima jari, Gedung Sate, Bandung, Kamis (16/1/2020).

Salah satunya adalah memilih kategori bangunan Gedung Sate, dan menggeser gambar ke kanan atau ke kiri. Wisatawan masih belum bisa memperbesar gambar.

Informasi yang disajikan juga terbatas dan tidak merinci. Namun kamu tidak perlu khawatir, seluruh informasi yang dibutuhkan tertera di dinding informasi ruangan. Ada juga pemandu yang siap membantu.

Media Interaktif menyajikan gambar 3D Scan Gedung Sate dan blueprint resmi gedung tersebut. Wisatawan bisa melihat blueprint yang digambar dengan tangan pada zaman Belanda dulu.

Guna menggunakan Media Interaktif secara efektif, wisatawan harus menggunakan lima jari agar layar sentuh bergerak dan menampilkan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Tempat Makan Legendaris di Sekitar Gedung Sate Bandung

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com