Uniknya Desa Wisata Cibuntu, Ada Kampung Kambing yang Bersih

Kompas.com - 28/07/2020, 10:20 WIB
Pemandangan Gunung Ciremai yang terlihat dari Jalan Cikebo, Majalengka - Kuningan. SHUTTERSTOCKPemandangan Gunung Ciremai yang terlihat dari Jalan Cikebo, Majalengka - Kuningan.

KOMPAS.com – Kabupaten Kuningan memiliki beberapa tempat wisata alam menarik yang patut dikunjungi. Kesejukannya mungkin membuat orang betah untuk berlibur di sana.

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi selama berlibur di Kuningan adalah Desa Wisata Cibuntu di Kecamatan Pasawahan.

Di desa wisata tersebut, masyarakat setempat menawarkan keindahan alam yang masih asri. Wisatawan yang berkunjung bisa mempelajari kebudayaan setempat.

Sembari berinteraksi dengan masyarakat setempat, wisatawan bisa menikmati hamparan rerumputan hijau yang membentang di bawah kaki Gunung Ciremai.

Desa Wisata Cibuntu menyediakan beberapa tempat duduk di pinggir jalan. Wisatawan bisa beristirahat sejenak sembari menikmati pemandangan di sana.

Jika cuaca sedang tidak bersahabat, tidak perlu khawatir. Sebab, tempat duduk yang terbuat dari kayu, serta beberapa gazebo kecil di sana, sudah ditutupi oleh atap.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner di Kuningan Jawa Barat, Siap Bikin Kamu Ngiler!

Atraksi wisata di Desa Wisata Cibuntu

Kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan di antaranya adalah berenang dan berkemah. Ada juga Air Terjun Gongseng yang bisa dikunjungi.

Jika ingin coba meminum air alami yang segar, maka bisa langsung menuju mata air Kahuripan.

Jika menjelajah lebih jauh, wisatawan bisa melihat sebuah tebing yang letaknya tidak jauh dari Air Terjun Gongseng.

Di dekat tebing terdapat sebuah gazebo yang telah dibangun oleh masyarakat setempat. Wisatawan bisa bersantai sejenak di sana sebelum lanjut menjelajahi Desa Wisata Cibuntu.

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Ciremai via Jalur Linggarjati

Satu hal yang membuat desa wisata ini unik adalah mereka memiliki Kampung Kambing. Seluruh kambing milik warga di taruh di sana.

Kampung Kambing merupakan kandang khusus yang memiliki lebih dari ribuan kambing. Meski begitu, lingkungannya masih bersih, sehingga tidak perlu khawatir.

Desa Wisata Cibuntu memiliki hamparan rerumputan yang luas yang terletak tidak jauh dari perumahan warga.

Mereka juga menyediakan jalur setapak di tengah-tengahnya agar wisatawan bisa menikmati keindahannya sambil berjalan-jalan santai.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X