Embun Es Bakal Muncul di Bromo tapi Wisata Masih Tutup

Kompas.com - 30/07/2020, 18:00 WIB
Pengunjung mengambil gambar hamparan pasir yang diselimuti empun upas dengan gawai miliknya di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (30/6/2019). Fenomena embun upas tersebut disebabkan penurunan suhu yang mencapai 0 derajat celcius pada malam hari. ANTARA FOTO/ZABUR KARURUPengunjung mengambil gambar hamparan pasir yang diselimuti empun upas dengan gawai miliknya di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (30/6/2019). Fenomena embun upas tersebut disebabkan penurunan suhu yang mencapai 0 derajat celcius pada malam hari.


KOMPAS.com - Suhu dingin hingga minus derajat terjadi di beberapa daerah, salah satunya Dataran Tinggi Dieng.

Selain Dieng, fenomena alam tersebut juga terjadi di kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur. Suhu di Bromo juga sempat menyentuh suhu minus 3 derajat celsius.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

"Cuaca Bromo sangat dingin. informasi teman-teman di Cemorolawang sempat menyentuh minus 3 derajat celsius," kata pria yang akrab disapa Ayip ini.

Ia melanjutkan, salah satu obyek wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yaitu Ranu Pani juga mengalami suhu dingin tak biasanya.

Kata dia, berdasarkan laporan, suhu di pintu masuk jalur pendakian Gunung Semeru itu mencapai 3 derajat celsius.

"Ranu Pani juga dilaporkan sudah mulai muncul dengan suhu 3 derajat celsius," ujarnya.

Baca juga: Cuaca di Gunung Bromo Minus 3 Derajat Celsius, Muncul Embun Upas

Namun, Ayip menerangkan bahwa fenomena embun upas atau embun es seperti yang terjadi di Dieng, belum terlihat di Bromo.

Pengunjung melintas di hamparan pasir yang diselimuti empun upas di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (30/6/2019). Fenomena embun upas tersebut disebabkan penurunan suhu yang mencapai 0 derajat celcius pada malam hari. ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Pengunjung melintas di hamparan pasir yang diselimuti empun upas di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (30/6/2019). Fenomena embun upas tersebut disebabkan penurunan suhu yang mencapai 0 derajat celcius pada malam hari.
Berdasarkan pantauannya, fenomena tersebut belum tampak, namun sudah terlihat tanda-tanda mengarah munculnya fenomena embun es.

"Fenomena upas belum begitu terlihat, tapi tanda-tanda awalnya sudah mengarah kemungkinan akan muncul upas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X