Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embun Es Dieng, 2 Lokasi untuk Rasakan Winter di Jawa Tengah

Kompas.com - 30/07/2020, 21:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Minggu-minggu ini, suhu dingin melanda daerah Dataran Tinggi Dieng. Suhu sempat menyentuh minus tiga derajat celsius hingga munculnya fenomena embun es.

Fenomena embun es atau embun upas ini menjadi daya tarik wisatawan setiap tahunnya. Dataran Tinggi Dieng sendiri masuk wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Baca juga: Suhu Dieng Minus 3 Derajat, Wisatawan Penasaran Fenomena Embun Es

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Sri Utami menerangkan, wisatawan biasa menikmati fenomena ini dengan mengabadikannya di dua tempat wisata di Banjarnegara, yakni Kawah Sikidang dan Candi Arjuna.

"Embun upas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengabadikan momen. Biasanya menikmati embun upas di parkir lapangan Candi Arjuna, maupun di sekitar area kompleks candi, dan Kawah Sikidang," kata Sri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: 3 Tips Melihat Embun Es Saat Suhu Dieng Minus 3 Derajat

Wisatawan datang dengan mengenakan jaket tebal, syal, masker, kaos kaki dan sarung tangan. Pemandangan ini sudah merupakan hal yang biasa terjadi jika memasuki musim kemarau di Dieng.

Tertarik untuk melihat langsung fenomena embun upas di Dieng? Berikut dua tempat wisata dataran tinggi Dieng yang cocok untuk melihat fenomena embun upas.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com