Selamat Hari Raya Idul Adha, 10 Ucapan Selamat Idul Adha 2020

Kompas.com - 31/07/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

 

JAKARTA, KOMPAS.comHari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini jatuh pada 31 Juli 2020. Dalam merayakannya, biasanya umat Islam saling bertukar ucapan Hari Raya Qurban

Dosen komunikasi FIDKOM Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Deden Mauli Darajat mengatakan, makna saling bertukar pesan tersebut adalah saling memberi doa agar masing-masing mendapatkan kebaikan.

Baca juga: Aneka Tradisi Idul Adha di Luar Negeri, dari Pakistan sampai Rusia

“Mengucapkan salam atau Selamat Idul Adha merupakan bagian dari mendoakan kebaikan. Sesiapa yang mendoakan kebaikan untuk orang lain, maka kebaikan yang sama akan datang kepada orang yang mendoakan. Bukan hanya untuk orang yang didoakan,” kata Deden kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Dalam memberi ucapan, Deden menyarankan sebaiknya ucapan mengandung doa. Selain itu, ucapan selamat juga merupakan perayaan kebahagiaan akan datangnya hari besar.

Salah satu ucapan yang bisa diberikan kepada orang lain adalah “Selamat Hari Raya Idul Adha. Taqabbalallahu Minna wa minkum. Kullu am wa antum bikhair.”

Baca juga: 7 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia

Artinya adalah "Semoga Allah SWT menerima ibadah kita dan kalian, dan setiap tahun kalian berada dalam kebaikan".

“Di Turki biasanya mengucapkan 'Kurban bayraminiz mubarek Olsun.' Artinya 'Selamat Hari Raya Kurban, semoga keberkahan menyertaimu',” tutur Deden.

“Di barat juga sama, 'Eid Mubarak' yang artinya 'Selamat Idul Adha, semoga berkah',” imbuhnya.

Jika masih bingung untuk memilih kalimat ucapan Selamat Idul Adha, berikut 15 ucapan Idul Adha 2020 seperti dikutip dari Tribunnews.com:

  1. Hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Selamat berkurban dan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 2020, serta tidak lupa mohon maaf lahir dan batin.
  2. Nada takbir menggema sudah dikumandangkan, sinyal Idul Adha sudah datang. Ampunan serta barokah mudah-mudahan kita peroleh. Selamat Hari Raya Idul Adha 2020. Taqabbalallahu Minna wa Minkum.
  3. Naik unta pergi berhaji. Berbekal iman dan ketaqwaan. Idul Adha saatnya berbagi lambang ukhuwan dan persaudaraan. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  4. Kami sekeluarga mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Adha. Semoga perjalanan hidup kita semakin mudah dengan rezeki yang cukup dan berkah. Salam untuk keluarga.
  5. Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal meski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang hanif. Selamat Hari Raya Idul Adha.
  6. Ketulusan hati sering terlukai dengan keegoan. Keikhlasan penghambaan sering terguris dengan keangkuhan. Nabi Ibrahim AS selalu menjadi inspirasi tak bertepi untuk perbaiki diri. Selamat Idul Adha.
  7. Saudaraku se-Indonesia, selamat merayakan Idul Adha bersama keluarga tercinta. Mohon maaf atas segala khilaf. Rayakan kemenangan dengan kesyukuran. Taqabbalallahu Minna wa minkum.
  8. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna wa minkum.
  9. Idul Adha adalah saat untuk merayakan semangatmu dalam berkurban, harapanmu pada ampunan, dan keteguhanmu dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin.
  10. Berkurbanlah sekecil apapun itu karena bukan Anda atau mereka yang memberi pahala melainkan Allah SWT. Tak perlu mengharapkan balasan dari mereka karena yang Maha Pemurah tahu cara bagaimana membalasnya. Selamat Hari Raya Idul Adha.

Artikel ini telah tayang di Tribunpalu.com dengan judul Kumpulan Ucapan Selamat Idul Adha 2020, Cocok Dikirim untuk Kerabat atau Status Sosial Media (Imam Saputro)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X