Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Madasari Pangandaran, Kemah Tepi Pantai dengan Panorama Bukit Karang

Kompas.com - 31/07/2020, 17:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabupaten Pangandaran memiliki beberapa pantai menarik yang patut dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Madasari di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak.

Pantai ini memiliki gugusan bukit karang yang dipenuhi pepohonan dan semak belukar.

Kendati memiliki panorama yang indah, namun kamu hanya bisa menikmatinya dari tepi pantai atau dari puncak salah satu bukit karang.

Baca juga: 4 Penginapan di Pangandaran, Harga Mulai Rp 400.000-an

Gelombang ombaknya yang terbilang cukup besar akan membahayakan pengunjung sehingga kerap ada larangan untuk berenang.

Jika ingin melihat keindahan deburan ombak yang menghantam batu karang, kamu bisa mendaki ke salah satu bukit karang di sana.

Namun kamu perlu hati-hati dan memakai sepatu yang nyaman agar tidak tergelincir.

Satu hal yang unik dari perbukitan di Pantai Madasari adalah masing-masing memiliki nama yaitu Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit, Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.

Ilustrasi pantai - Pantai Madasari di Pangandaran, Jawa Barat.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai - Pantai Madasari di Pangandaran, Jawa Barat.

Apabila kamu menikmati keindahan pantai dari tepian, ada baiknya kamu berhati-hati jika air sedang surut. Sebab, kamu akan melihat beberapa bulu babi.

Di Pantai Madasari, wisatawan juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Jika tidak ingin melewati matahari terbit, kamu bisa berkemah di area rerumputan yang telah disediakan.

Saat berkunjung ke tempat wisata tersebut, kamu juga bisa menjelajahi alam sekitar. Jika beruntung, ada kemungkinan kamu akan melihat beberapa hewan yang hampir punah seperti ayam hutan.

Tiket masuk dan lokasi

Untuk memasuki tempat wisata tersebut, harga tiket bukanlah berdasarkan jumlah pengunjung melainkan kendaraan yang digunakan.

Jika berjalan kaki, harganya adalah Rp 2.500. Sementara motor Rp 7.000, mobil Rp 25.000, bus kecil Rp 110.000, dan bus besar Rp 160.000.

Dari Parigi, pusat ibu kota Pangandaran, jarak tempuh menggunakan mobil sekitar 31 kilometer. Beberapa tempat wisata yang akan dilalui adalah Pantai Batukaras dan Green Canyon.

Baca juga: Wisatawan Jabar ke Tempat Wisata Pangandaran Tidak Perlu Rapid Test

Sementara jarak dari dua daerah yang kerap dilintasi wisatawan yang ingin masuk ke kabupaten tersebut, Kecamatan Padaherang dan Kalipucang, jaraknya masing-masing sekitar 69 km dan 54 km.

Namun jika kamu tengah berada di Pantai Pangandaran, jarak menuju ke sana terbilang cukup dekat yaitu sekitar 39 km atau 1 jam 2 menit menggunakan mobil.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com