Penerapan Travel Bubble Bakal Rumit

Kompas.com - 31/07/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi travel bubble ShutterstockIlustrasi travel bubble

KOMPAS.com – Perbincangan seputar travel bubble sudah dilakukan oleh beberapa negara seperti Australia dan Selandia Baru, Estonia, Latvia, Lithuania, bahkan Indonesia.

Travel bubble adalah ketika dua atau lebih negara yang berhasil mengontrol virus corona sepakat untuk menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan.

Baca juga: Apa Itu Travel Bubble? Ini Penjelasan Lengkapnya

Gelembung ini akan memudahkan penduduk yang tinggal di dalamnya melakukan perjalanan secara bebas, dan menghindari kewajiban karantina mandiri.

Langkah tersebut akan memudahkan masyarakat melintasi perbatasan dengan kerumitan minimum. Kendati demikian, CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) Mario Hardy menuturkan hal tersebut cukup rumit untuk dilakukan.

“Harus ada rasa percaya terhadap sistem pelayanan kesehatan antar negara,” kata Hardy, dalam sesi webinar bertajuk “Planet Tourism Indonesia 2020”, Rabu (29/7/2020).

Selain itu, lanjutnya, setiap negara harus memiliki protokol kesehatan yang jelas untuk kedatangan dan kepulangan masing-masing warga negara.

Baca juga: Travel Bubble Indonesia Bakal Prioritaskan Wisata Alam

“Negara harus memiliki pelacakan, pemeriksaan (Covid-19), dan banyak sekali prosedur lainnya yang harus diterapkan. Membuka kembali perbatasan negara adalah situasi yang kompleks,” tutur Hardy.

Melihat situasi pandemi Covid-19 saat ini, Hardy menuturkan bahwa perbincangan antar negara dalam menjalin kerja sama untuk travel bubble mungkin sedang ditangguhkan.

Menurutnya, melindungi warga negara dan kesehatannya merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan oleh negara-negara saat ini.

“Tantangan yang dimiliki saat ini adalah untuk menyeimbangkan kesehatan masyarakat, serta ekonomi dari masing-masing negara,” ujar Hardy.

ILUSTRASI - Penumpang pesawat menunggu di bandara dengan menerapkan protokol social distancing. Shutterstock/People Image Studio ILUSTRASI - Penumpang pesawat menunggu di bandara dengan menerapkan protokol social distancing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X