Paket Wisata 2 Hari 1 Malam di Yogyakarta Saat New Normal, ke Mana Saja?

Kompas.com - 02/08/2020, 07:40 WIB
Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja. ShutterstockTugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.


KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah menggencarkan paket wisata singkat 2 hari 1 malam di era adaptasi kebiasaan baru.

Paket wisata ini dibuat bertujuan mengembangkan narasi budaya dari tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

"Berwisata di Yogyakarta itu sebenarnya banyak pilihan. Hanya saja yang perlu dikembangkan dan mulai digali itu tidak hanya sekadar untuk menikmati alam, dan foto-foto, tapi lebih banyak ke narasi-narasi budaya yang perlu diungkap," kata Singgih.

Menurutnya, pengembangan paket wisata singkat ini lahir karena filosofi dari tempat-tempat wisata yang terkadang tidak diungkap.

Baca juga: Paket Tur Yogyakarta Dijual Terbatas Hanya untuk Grup Kecil

Ia menuturkan, tempat wisata yang ada selama ini lebih banyak mengungkap bentuk fisiknya atau artefaknya saja.

"Maka perlu dikembangkan narasi nilai filosofisnya ini. Misalnya, Tugu Yogyakarta. Ini hanya digunakan untuk foto-foto saja," kata Singgih.

"Padahal ini bisa diceritakan tentang asal muasal Tugu itu. Kenapa Tugu itu dibuat seperti itu, melambangkan apa dan sebagainya," jelasnya.

Namun, tidak hanya budaya saja yang ingin diangkat dari paket wisata singkat ini. Ia menjelaskan, paket wisata ini ada untuk mengatur lama tinggal wisatawan di Yogyakarta.

"Kalau wisatawan punya waktu 2 hari 1 malam, ini paketnya. Nah, kalau punya 2 malam 4 hari atau 5 hari seperti ini. Jadi ada pilihan-pilihan yang kemudian bisa menjadi pertimbangan mereka," urai Singgih.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X