Ini Uniknya Liburan ke Bali Saat Nyepi

Kompas.com - 03/08/2020, 11:10 WIB
Suasana kawasan wisata terlihat lengang saat Hari Raya Nyepi tahun Saka 1942 di wilayah Kuta, Badung, Bali, Rabu (25/3/2020). Seluruh kawasan pariwisata, ruas jalan dan objek vital di wilayah Bali yang ramai pada hari biasa, terpantau lengang saat Hari Raya Nyepi karena umat Hindu menjalani catur brata penyepian selama 24 jam hingga Kamis (26/3) pukul 06.00 WITA. ANTARA FOTO/FIKRI YUSUFSuasana kawasan wisata terlihat lengang saat Hari Raya Nyepi tahun Saka 1942 di wilayah Kuta, Badung, Bali, Rabu (25/3/2020). Seluruh kawasan pariwisata, ruas jalan dan objek vital di wilayah Bali yang ramai pada hari biasa, terpantau lengang saat Hari Raya Nyepi karena umat Hindu menjalani catur brata penyepian selama 24 jam hingga Kamis (26/3) pukul 06.00 WITA.


KOMPAS.com - Umat Hindu Bali memiliki satu hari raya yang unik yaitu Nyepi. Pada saat Nyepi, seluruh warga Bali maupun wisatawan akan berdiam di rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar.

Kegiatan pariwisata di Bali juga otomatis berhenti pada Hari Raya Nyepi. Tempat wisata ditutup dan wisatawan tak bisa berwisata pada hari tersebut.

Baca juga: Melasti dan Pengerupukan, Upacara Sebelum Melakukan Nyepi

Lalu apakah ini berarti wisatawan tidak bisa berkunjung ke Bali menjelang Nyepi? Pertanyaan yang kerap dilontarkan wisatawan ini dijawab oleh Tour Leader Avia Tour, Sonny, dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk bertemakan "Tips Liburan ke Bali Selama Era New Normal", Selasa (28/7/2020).

Umat Hindu mengarak ogoh-ogoh di Bali, Rabu (6/3/2019). Pawai Ogoh-ogoh dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Umat Hindu mengarak ogoh-ogoh di Bali, Rabu (6/3/2019). Pawai Ogoh-ogoh dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019.

Melihat pawai ogoh-ogoh

Ia mengatakan, wisatawan tetap bisa berkunjung ke Bali sebelum hari raya Nyepi. Wisatawan bahkan bisa melihat beragam acara yang diadakan di sudut-sudut Kota Denpasar satu hari sebelum Nyepi.

Baca juga: Festival Ogoh-ogoh akan Digelar Pada Hari Jadi Bali, Tebus Kekecewaan Pemuda Bali

"Keunikan Bali ini ya salah satunya ada perayaan Nyepi di mana dalam satu hari, umat Hindu Bali tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Untuk wisatawan tetap bisa melakukan aktivitas menarik, misalnya sebelum atau H-1 Nyepi itu bisa lihat pawai ogoh-ogoh. Masih boleh keluar saat itu," kata Sonny.

Pawai Ogoh-ogoh tahun ini yang biasanya dilaksanakan sebelum hari Raya Nyepi, terpaksa tidak diadakan karena pandemi Covid-19.

Lalu apa saja kegiatan yang dilakukan wisatawan pada hari raya Nyepi?

Ilustrasi yogaShutterstock Ilustrasi yoga

Menikmati fasilitas hotel satu hari penuh

Menurutnya, justru hari Raya Nyepi dapat menjadi waktu terbaik wisatawan untuk menikmati fasilitas hotel atau penginapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X