Pendakian Gunung Ciremai Dibuka 8 Agustus 2020, Pendaki Wajib Booking

Kompas.com - 06/08/2020, 12:01 WIB
Pendaki berfoto di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl). KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPendaki berfoto di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

KOMPAS.com - Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) akan membuka kembali kegiatan wisata pendakian Gunung Ciremai di Kuningan, Jawa Barat, mulai Sabtu (8/8/2020).

Bagi para pendaki wajib menaati prosedur protokol kesehatan pada era adaptasi kebiasaan baru yang telah ditetapkan pihak TNGC.

Melihat situs resmi TNGC, tercatat bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan para calon pendaki, di antaranya kuota harian jalur pendakian.

Adapun, kuota harian jalur pendakian di Kuningan, yaitu Linggajati tersedia 35 tenda di transit camp (TC) untuk 69 pendaki.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai Buka 8 Agustus, Hanya untuk 2 Hari 1 Malam

Untuk jalur Linggasana, tersedia 33 tenda untuk 65 pendaki dan Palutungan ada 75 tenda untuk 149 pendaki.

Pendaki yang tertarik untuk mendaki gunung berketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, wajib melakukan booking atau pemesanan pendakian yang bisa dilakukan mulai Kamis (6/8/2020) pukul 07.00-16.00 WIB.

Pendaki di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Caranya dengan mengunjungi laman www.tngciremai.com atau https://bit.ly/BookingPendakianGunungCiremai

Kompas.com telah merangkum aturan dan cara booking pendakian Gunung Ciremai di era adaptasi kebiasaan baru berikut ini":

  1. Calon pendaki harus memiliki akun google email atau gmail
  2. Memastikan seluruh rombongan pendaki berusia minimal 17 tahun
  3. Menyiapkan identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM)
  4. Melakukan booking paling lambat H-1 pendakian
  5. Menyiapkan perlengkapan dan logistik pendakian yang mencukupi
  6. Memastikan kondisi seluruh rombongan pendaki dalam kondisi sehat dengan membawa surat keterangan bebas Covid-19 bagi warga di luar Kuningan, Majalengka, dan Cirebon
  7. Jumlah rombongan pendaki minimal 4 orang dan maksimal 8 orang. Jika rombongan lebih dari 8 orang maka harus melakukan booking lebih dari 1 kali
  8. Durasi pendakian Gunung Ciremai adalah 2 hari 1 malam. Jika melebihi durasi tersebut, dikenakan tarif tambahan
  9. Mematuhi semua peraturan dan larangan yang berlaku
  10. Mematuhi protokol kesehatan penyelenggaraan wisata alam Gunung Ciremai saat pandemi Covid-19
  11. Melakukan transfer Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai ketentuan
  12. Mendirikan tenda di Transit Camp (TC) sesuai kode kapling dengan jarak 10 meter antartenda dan setiap tenda diisi maksimal 2 orang
  13. Mengikuti cek kesehatan, cek perlengkapan, dan safety talk di Base Camp
  14. Harap memperhatikan prosedur tetap pendakian



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X