Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2020, 21:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Satu lagi Taman Nasional (TN) dibuka kembali saat new normal, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Pandeglang, Banten.

Ujung Kulon resmi dibuka kembali untuk seluruh wisatawan mulai Senin (10/8/2020).

Pengumuman pembukaan ini tercantum dalam Surat Edaran Balai TNUK Nomor SE 16/T.12/TU/P3/08/2020 Tentang Kunjungan di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon pada Masa Pandemi Covid-19 (New Normal) yang diterima Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Souvenir Badak, Harapan Baru Ujung Kulon

Pembukaan ini juga dikonfirmasi langsung oleh Kepala Balai TNUK, Anggodo yang menyatakan seluruh wisatawan bisa kembali datang berkunjung dengan protokol kesehatan.

"Silakan datang ke Taman Nasional Ujung Kulon. Kita menerapkan protokol kunjungan yang ketat dan kita evaluasi hari ke harinya," kata Anggodo melalui pesan singkat, Selasa (11/8/2020).

Lanjutnya, pengumuman tersebut juga telah dibagikan melalui media sosial milik TNUK seperti Facebook, Instagram, Twitter dan situs resmi Taman Nasional Ujung Kulon.

Baca juga: Menepi ke Ujung Kulon

Surat tersebut dikeluarkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Nomor SK.164/KSDAE/PJLHK/KSA.3/8/2020 Tentang Reaktivasi tahap II kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam dan Suaka Margasatwa untuk kunjungan wisata alam dalam kondisi transisi akhir Covid-19.

"Kami sampakian kepada semua pihak yang berkepentingan bahwa kegiatan kunjungan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon terhitung mulai tanggal 10 Agustus 2020 kembali dibuka," tulis surat tersebut yang ditandatangani Anggodo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com