Dilarang Berenang, Ini Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Goa Cemara

Kompas.com - 12/08/2020, 11:06 WIB
Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura. KOMPAS.com/DANI JPantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura.


KOMPAS.com - Tim SAR Wilayah 4 Bantul menyarankan agar orang atau wisatawan tidak bermain air, apalagi berenang di wilayah pantai selatan Jawa, termasuk pantai Goa Cemara.

Pasalnya, pasang surut gelombang di kawasan ini tidak dapat diprediksi.

Lalu apa saja kegiatan wisata yang dapat dilakukan jika mengunjungi pantai Goa Cemara?

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah 4 Pantai Samas-Pantai Baru, Nugroho memberikan tips aktivitas wisata pantai yang bisa dilakukan.

Baca juga: Ingat, Dilarang Mandi di Laut Saat Main ke Pantai Selatan

Menurutnya, Pantai Goa Cemara dapat dinikmati hanya dengan duduk-duduk di bawah pohon cemara.

"Cuma duduk-duduk di bawah pohon aja, gelar tikar, lihat pemandangan, main pasir. Pokoknya jangan sampai sentuh air aja, mendekati air laut," kata Nugroho saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Berikut aktivitas wisata di pantai Goa Cemara yang bisa dilakukan

Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta, berpasir hitam. KOMPAS.com/DANI J Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta, berpasir hitam.

  • Berfoto dengan latar lorong pohon cemara

Pantai Goa Cemara dikenal dengan pemandangan yang indah berupa banyaknya pohon cemara di sekeliling pantai.

Memasuki kawasan pantai Goa Cemara, seperti namanya, wisatawan akan melihat ada lorong panjang menyerupai goa dan terbentuk dari pohon cemara.

Baca juga: Wisata Pantai di Yogyakarta, Kunjungi Pantai-pantai Gunungkidul

Pemandangan indah tersebut lantas menjadikan pantai ini dikenal dengan nama Goa Cemara. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang lorong panjang tersebut seolah-olah sedang berada di goa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X