Di Mana Bandara Paling Sibuk Selama Pandemi Covid-19?

Kompas.com - 12/08/2020, 14:40 WIB
Ilustrasi bandara - Bandara Dallas Fort-Worth di Texas, Amerika Serikat. https://www.dfwairport.com/Ilustrasi bandara - Bandara Dallas Fort-Worth di Texas, Amerika Serikat.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah merombak daftar bandara tersibuk dan memberi hasil yang mengejutkan.

Selama pandemi, Bandara Dallas-Fort Worth (DFW) di Texas, AS, ternyata menjadi bandara tersibuk selama pandemi tersebut.

Melansir Lonely Planet, Selasa (11/8/2020), banyak pesawat lepas landas dan mendarat di bandara tersebut, meski operasinya berkurang secara signifikan akibat pandemi Covid-19.

Pada Mei 2020, DFW memiliki lebih dari 12.000 penerbangan. Namun jumlah tersebut hanya setengah dari jadwalnya jika dibandingkan dengan Februari.

Baca juga: Indonesia Punya 30 Bandara Internasional, Mana Saja?

Meski begitu, jumlah tersebut lebih tinggi dari bandara lain di AS dan negara-negara di seluruh dunia yang berlakukan lockdown dan pembatasan perjalanan akibat pandemi.

American Airlines, salah satu perusahaan penerbangan terbesar di dunia, berbasis di DFW dan mengoperasikan sebagian besar penerbangannya dari bandara tersebut.

Permintaan yang rendah mengurangi jumlah penerbangan, sehingga membuat beberapa rute kota-ke-kota dibatalkan.

Alhasil, para penumpang terpaksa harus dialihkan melalui hub utama seperti DFW. Hal tersebut menambah jumlah penumpangnya.

Ilustrasi bandara - Bandara Dallas Fort-Worth di Texas, Amerika Serikat.https://www.dfwairport.com/ Ilustrasi bandara - Bandara Dallas Fort-Worth di Texas, Amerika Serikat.

“Ada satu hal yang dapat kami sampaikan yakni DFW dan Charlotte tetap menjadi dua dari tiga hub terbesar di dunia,” kata CEO American Airlines, Doug Parker, dalam sebuah konferensi investor melalui telepon pada Mei, mengutip Lonely Planet.

Bandara tersibuk di dunia dapat diukur melalui beberapa hal seperti jumlah penumpang dan jumlah penerbangan.

Daftar 10 bandara tersibuk di dunia biasanya mencakup bandara yang terdapat di Atlanta, Beijing, Dubai, Tokyo, Chicago, dan London.

Baca juga: Unik! Garasi Sepeda di Belanda Terlihat Seperti Bandara Kekinian

Meski selama pandemi Covid-19 jumlah kasus terus meningkat di AS, maskapai penerbangan secara perlahan merubah jadwal seperti sedia kala. Terlebih setelah pemerintahan mencabut peringatan “Do Not Travel” pekan lalu.

Pada Juli, JetBlue dan American Airlines bekerjasama untuk meluncurkan opsi codeshare pada penerbangan domestik dan internasional.

Selain itu, beberapa maskapai penerbangan AS juga telah mulai mengoperasikan penerbangan berkapasitas penuh.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X