Eropa Buka Perbatasan untuk Beberapa Negara, Indonesia Belum Diizinkan

Kompas.com - 12/08/2020, 15:06 WIB
Ilustrasi Belgia - Kota Antwerp yang ramah akan pesepeda. SHUTTERSTOCKIlustrasi Belgia - Kota Antwerp yang ramah akan pesepeda.

KOMPAS.comUni Eropa (UE) memperbarui daftar negara-negara yang diizinkan untuk melancong ke sana.

Kendati demikian, melansir Lonely Planet, Senin (10/8/2020), negara-negara yang berjuang kembali mengontrol pandemi Covid-19, termasuk AS dan Brazil, telah dikeluarkan dari daftar tersebut.

Para petinggi UE memperbarui daftar negara yang pembatasan perjalanan seharusnya sudah dicabut dari beberapa negara UE sejak 8 Agustus 2020.

Baca juga: Uni Eropa Hapus Aljazair dari Daftar Negara Aman Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Daftar tersebut mencakup negara-negara dengan kasus infeksi Covid-19 yang sama atau lebih rendah dari negara-negara UE, serta tanggapan terhadap pandemi relatif meyakinkan.

Adapun daftar dari negara-negara yang disetujui terdiri dari Australia, Kanada, Georgia, Jepang, Selandia Baru, Rwanda, Korea Selatan, Thailand, Tunisia, dan Uruguay.

UE telah berlakukan larangan perjalanan yang luas sejak pertengahan Maret pada negara-negara di luar wilayahnya.

Namun, sejak Juni, pembatasan perjalanan telah dilonggarkan di beberapa tempat yang mana situasi Covid-19 telah membaik.

Hal ini membuat anggota UE secara bertahap membuka kembali perbatasan mereka satu sama lain menjelang musim pariwisata musim panas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X