Kompas.com - 13/08/2020, 15:28 WIB
Seorang pendaki mengibarkan bendera merah putih di Gunung Prau. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki mengibarkan bendera merah putih di Gunung Prau.

KOMPAS.com - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, biasanya ada tradisi di mana para pendaki gunung mulai merencanakan untuk tirakatan dan upacara 17 Agustus dengan mendaki gunung.

Namun, karena pandemi Covid-19, beberapa gunung di Indonesia ditutup untuk mencegah penyebaran virus selama berbulan-bulan.

Memasuki era adaptasi kebiasaan baru atau new normal, para pendaki kini bisa bernapas lega. Pasalnya, sudah ada beberapa gunung yang sudah dibuka kembali jalur pendakiannya.

Baca juga: Catat, Ini Sanksi Pendaki Gunung Sindoro jika Buang Sampah Sembarangan

Sebelum muncak dan upacara 17 Agustus 2020 di gunung, tentunya pendaki harus siap dengan protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, dalam keadaan sehat ditunjukkan dengan surat keterangan sehat, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Berikut Kompas.com rangkum gunung-gunung yang sudah buka kembali di era adaptasi kebiasaan baru:

1. Gunung Abang, Bali

Gunung Abang Kintamani yang terletak di Bangli, Bali telah dibuka untuk pendakian umum. Para pendaki diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Gunung Abang di Bali.shutterstock/Alec Vorobiov Gunung Abang di Bali.

Adapun para pendaki bisa melewati jalur pendakian Songan dan jalur Desa Suter. Gunung ini berketinggian 2.151 mdpl dan dapat ditempuh puncaknya dengan waktu 2-3 jam.

2. Gunung Artapela, Jawa Barat

Jalur pendakian Gunung Artapela via Cirawa di Bandung Selatan telah dibuka kembali. Para pendaki bisa menikmati momen mendirikan kemah bertepatan dengan HUT ke-75 RI 17 Agustus 2020 besok.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X