Jangan Takut, Destinasi Wisata yang Sudah Buka Layak untuk Dikunjungi

Kompas.com - 14/08/2020, 07:05 WIB
Keindahan Komodo di Pulau Komodo. SHUTTERSTOCK/SERGEY URYADNIKOVKeindahan Komodo di Pulau Komodo.


KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menegaskan, destinasi wisata yang sudah resmi dibuka kembali layak untuk dikunjungi.

"Melalui program reaktivasi ke destinasi wisata. Sektor pariwisata akan segera bangkit lagi. Dalam kesempatan ini kita harus bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa daerah destinasi pariwisata tersebut, layak untuk dikunjungi," kata Wishnutama dalam Konferensi Pers Virtual Peluncuran Kampanye Traveloka Clean Partners, Kamis (13/8/2020).

Ia menerangkan, kerja sama antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah masing-masing destinasi, misalnya, membuka kembali tempat wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

Adapun Kemenparekraf, menurutnya, sudah mengampanyekan program Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) untuk menggerakkan kembali sektor parekraf di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ini protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan pelestarian lingkungan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia," terangnya.

Baca juga: Menparekraf Yakin Destinasi Wisata yang Menjalankan Protokol Kesehatan Akan Melesat

Selain itu, Kemenparekraf juga telah mengkampanyekan Indonesia Care yang menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia khususnya para pelaku pariwisata peduli terhadap aspek kesehatan, kebersihan, dan lingkungan hidup.

Tambahnya, Kemenparekraf juga telah membuat video panduan protokol di berbagai macam bidang pariwisata seperti hotel, restoran dan lainnya.

Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali. SHUTTERSTOCK/GUITAR PHOTOGRAPHER Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali.

Destinasi wisata yang sudah buka sejauh ini

Terkait destinasi wisata yang sudah resmi dibuka, terdapat beberapa daerah yang sudah membuka diri, seperti Sumatera Barat, Banyuwangi, Bali hingga NTT.

Baca juga: DIY Punya Jogja Pass dan Visiting Jogja untuk Wisatawan, Apa Itu?

Destinasi lain juga sudah siap dikunjungi dengan sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), misalnya, sudah ada beberapa tempat wisata yang telah dibuka dengan protokol kesehatan dan mewajibkan wisatawan mengunduh aplikasi Jogja Pass dan Visiting Jogja untuk berwisata.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X