Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Takut, Destinasi Wisata yang Sudah Buka Layak untuk Dikunjungi

Kompas.com - 14/08/2020, 07:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menegaskan, destinasi wisata yang sudah resmi dibuka kembali layak untuk dikunjungi.

"Melalui program reaktivasi ke destinasi wisata. Sektor pariwisata akan segera bangkit lagi. Dalam kesempatan ini kita harus bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa daerah destinasi pariwisata tersebut, layak untuk dikunjungi," kata Wishnutama dalam Konferensi Pers Virtual Peluncuran Kampanye Traveloka Clean Partners, Kamis (13/8/2020).

Ia menerangkan, kerja sama antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah masing-masing destinasi, misalnya, membuka kembali tempat wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

Adapun Kemenparekraf, menurutnya, sudah mengampanyekan program Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) untuk menggerakkan kembali sektor parekraf di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ini protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan pelestarian lingkungan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia," terangnya.

Baca juga: Menparekraf Yakin Destinasi Wisata yang Menjalankan Protokol Kesehatan Akan Melesat

Selain itu, Kemenparekraf juga telah mengkampanyekan Indonesia Care yang menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia khususnya para pelaku pariwisata peduli terhadap aspek kesehatan, kebersihan, dan lingkungan hidup.

Tambahnya, Kemenparekraf juga telah membuat video panduan protokol di berbagai macam bidang pariwisata seperti hotel, restoran dan lainnya.

Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali. SHUTTERSTOCK/GUITAR PHOTOGRAPHER Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali.

Destinasi wisata yang sudah buka sejauh ini

Terkait destinasi wisata yang sudah resmi dibuka, terdapat beberapa daerah yang sudah membuka diri, seperti Sumatera Barat, Banyuwangi, Bali hingga NTT.

Baca juga: DIY Punya Jogja Pass dan Visiting Jogja untuk Wisatawan, Apa Itu?

Destinasi lain juga sudah siap dikunjungi dengan sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), misalnya, sudah ada beberapa tempat wisata yang telah dibuka dengan protokol kesehatan dan mewajibkan wisatawan mengunduh aplikasi Jogja Pass dan Visiting Jogja untuk berwisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com