Pariwisata Bisa Bangkit Lebih Baik Setelah Vaksin Ditemukan

Kompas.com - 14/08/2020, 08:02 WIB
Petugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/M Agung RajasaPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz *** Local Caption ***


KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, sektor pariwisata akan bangkit lebih baik jika vaksin Covid-19 telah ditemukan.

"Saya amat meyakini bahwa nanti setelah vaksin diproduksi dan didistribusikan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan melesat," kata Wishnutama dalam Konferensi Pers Virtual Peluncuran Kampanye Traveloka Clean Partners, Kamis (13/8/2020).

"Bersamaan dengan itu juga, kita harus siapkan era Post Vaksin dari sekarang dengan rasa optimis," lanjutnya.

 

Ia meyakini, pada saat vaksin sudah didistribusikan ke semua orang, keadaan dan kondisi sektor pariwisata tidak akan seperti sekarang.

Lanjutnya, semua sektor pariwisata di dunia tidak ada yang siap ketika tiba-tiba pandemi Covid-19 datang. Oleh karena itu, menurut dia, pandemi ini membuat pelaku pariwisata sangat terdampak.

Namun, ia meminta agar pelaku pariwisata seperti agen perjalanan Traveloka dan agen perjalanan lainnya yakin bahwa vaksin akan ditemukan.

"Karena vaksin itu akan ditemukan maka bersiaplah menghadapi kesempatan atau opportunity yang ada pada saat setelah vaksin ini ditemukan. Mari kita lakukan riset, mari kita lakukan penelitian, apa sih opportunity-nya nanti setelah vaksin itu ditemukan," jelasnya.

Baca juga: Wishnutama Dorong Pelaku Parekraf Optimalkan Stimulus dan Relaksasi dari Pemerintah

Ia berpesan kepada semua agen perjalanan dan pelaku industri pariwisata lainnya agar mencari kesempatan yang ada setelah vaksin ditemukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X