5 Alasan Kamu Harus Berwisata ke Pulau Sabu di NTT

Kompas.com - 14/08/2020, 13:37 WIB
Kelabba Maja ShutterstockKelabba Maja

KOMPAS.com – Selain Pulau Kalong dan Kelor, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki satu pulau lain yang patut dikunjungi, yaitu Pulau Sabu.

Pulau Sabu atau juga dikenal Pulau Sawu terkenal akan panorama alamnya. Berlibur ke sana rasanya tidak cukup selama dua atau tiga hari saja.

Baca juga: Hadiri Sidang Tahunan, Jokowi Pakai Baju Adat NTT

Berikut lima alasan mengapa kamu harus berlibur ke Pulau Sabu di NTT selama new normal yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020):

1. Ada bukit pelangi di Kelabba Maja

Sama seperti namanya, bukit di obyek wisata Kelabba Maja, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua secara alami memiliki warna bak pelangi yaitu putih, cokelat, biru, dan merah.

Keindahannya tidak kalah dari Grand Canyon di AS karena Kelabba Maja juga terdiri dari hamparan lembah dan memiliki beberapa tebing dengan bentuk unik.

Selain bukit pelangi, ada juga batu keseimbangan yang berdiri kokoh di ujung tebing batu yang meruncing. Batu ini dipercaya masyarakat setempat sebagai lokasi bersemayamnya para dewa.

2. Punya upacara adat yang unik

Kabupaten Sabu Raijua memiliki beberapa upacara adat yang diselenggarakan di seluruh kecamatan, termasuk di Pulau Sabu. Salah satunya adalah Upacara Hole atau Upacara Pengucapan Syukur.

Baca juga: 7 Festival Wisata di NTT yang Bakal Digelar Tahun Ini

Upacara itu dilakukan beberapa hari setelah bulan purnama sesuai kalender adat masyarakat setempat. Wisatawan bisa menyaksikan sebuah perahu kecil dilepas ke tengah laut.

Ilustrasi NTT - Pakaian adat wanita di Kabupaten Sabu Raijua, NTT.SHUTTERSTOCK / kuah.asam_gurita Ilustrasi NTT - Pakaian adat wanita di Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X