Dieng Culture Festival 2020 Digelar Virtual, Ritual Cukur Rambut Gimbal Tetap Ada

Kompas.com - 14/08/2020, 20:14 WIB
Ritual ruwatan pemotongan rambut gimbal di acara Dieng Culture Festival. SHUTTERSTOCK/KHAFIDMUKRIYANTORitual ruwatan pemotongan rambut gimbal di acara Dieng Culture Festival.

KOMPAS.com – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Dieng Culture Fetsival (DCF) akan diselenggarakan secara virtual pada September 2020.

“Dilakukan secara virtual karena Covid-19. Satgas larang kerumunan. DCF pengunjungnya tidak hanya ribuan, mungkin ratusan ribu. Tentu kesiapan Satgas tidak akan mampu untuk mengatur jaga jarak,” kata Ketua DCF Alif Fauzi kepada Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: 177.000 Wisatawan Kunjungi Dieng Culture Festival 2019

Alif menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah siap untuk menyelenggarakan DCF secara langsung. Namun, hal tersebut harus ditunda dan diubah konsepnya.

Kendati demikian, Alif menegaskan, keseruan DCF virtual tidak akan jauh berbeda dari DCF biasanya.

Hal ini lantaran pihaknya tetap berusaha untuk menampilkan beberapa kegiatan yang sudah melekat pada acara tersebut.

“Jazz Atas Awan masih dalam konsep. Semoga ada teman-teman artis yang tidak harus ke sini, tapi mereka malamnya live bareng dari rumah masing-masing,” ujar Alif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Tips Melihat Embun Es Saat Suhu Dieng Minus 3 Derajat

Rencananya, pihak DCF akan menyediakan sebuah tampilan agar saat para bintang tamu tampil, mereka terlihat seperti sedang berada di DCF secara langsung.

Sementara itu, bagi para penyanyi lokal, Alif menuturkan bahwa pihaknya berencana untuk menyiarkan penampilan mereka di ruang terbuka.

“(Ide) bikin panggung kecil sempat terbesit untuk para band lokal. Tapi tempatnya belum dapat yang kira-kira tidak undang keramaian. Kalau di lapangan sudah pasti orang-orang akan datang, kita tidak mau ada klaster DCF,” ungkap Alif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.