Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2020, 21:15 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke PSBB Transisi menjadi tahap mulai bergeraknya kembali sektor pariwisata di Indonesia, khususnya pariwisata lokal.

Hal tersebut juga sudah diyakini oleh CMO Traveloka & CEO Traveloka Experience, Christian Suwarna. Ia mengakui, pelonggaran PSBB berdampak dengan munculnya peningkatan wisatawan.

"Ketika ada pelonggaran PSBB tentu kita melihat adanya pergerakan wisata yang meningkat," kata Christian kepada Kompas.com saat sesi tanya jawab Konferensi Pers Virtual Traveloka Clean Partners, Kamis (13/8/2020).

Namun, Christian memberikan catatan, definisi wisata yang dimaksud sedikit berbeda.

"Kalau dulu wisata bepergian jarak jauh harus menggunakan pesawat terbang dan lain-lain. Kita melihat ada shifting terhadap wisata lokal," katanya.

Baca juga: Relaksasi PSBB, Laju Perjalanan pada Juni 2020 Mulai Bergeliat

Berikut empat tren wisata saat PSBB transisi.

  • Pilih staycation

Oleh karena perubahan tren berwisata dari wisata jarak jauh ke wisata lokal, kata dia, maka munculah tren baru--salah satunya staycation di bidang akomodasi.

Ia melihat adanya kecenderungan orang yang sudah lelah berlama-lama di rumah. Kemudian, memilih untuk menginap di hotel yang jaraknya tak terlalu jauh dari rumahnya.

"Masih lebih familiar untuk mereka pergi dengan risiko yang terukur dengan melakukan protokol kesehatan yang sudah banyak diedukasi di lapangan," terangnya.

Ilustrasi hotel.shutterstock.com/Pattier_Stock Ilustrasi hotel.

  • Liburan ke tempat rekreasi

Selain itu, ia juga melihat adanya kecenderungan yang sama yaitu meningkatnya pariwisata lokal di bidang experience atau pengalaman.

Ia mengungkapkan, wisatawan saat ini lebih memilih untuk pergi ke tempat rekreasi, wisata atau hiburan lokal. Oleh karenanya, mereka mencari tempat wisata yang sudah dibuka di sekitarnya.

  • Restoran yang dekat

Begitu juga dengan bidang restoran atau tempat makan. Ia menilai, orang kini cenderung memilih tempat restoran yang sudah buka dan jaraknya tak terlalu jauh dari rumah.

"Ketika PSBB dilonggarkan itu, pasti orang sudah pengen cobain restoran yang sudah buka dan dekat nih. Tapi pasti mereka sudah meyakini dirinya sendiri dulu untuk ke restoran itu," tuturnya.

Baca juga: Traveloka Clean Partners, Cara Agen Perjalanan Percepat Pemulihan Sektor Wisata

  • Pilih transportasi darat

Sementara itu, bidang transportasi, menurutnya lebih banyak terlihat adanya peningkatan di transportasi darat dibandingkan transportasi udara.

Hal ini karena, jelasnya, transportasi udara secara fundamental belum bisa terbang dengan bebas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com