6 Tempat Wisata Pacitan Buka Kembali Tahap Simulasi, Hanya untuk Turis Lokal

Kompas.com - 16/08/2020, 09:09 WIB
Ombak tinggi tampak menerjang batu di pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020). KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYAOmbak tinggi tampak menerjang batu di pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).

KOMPAS.com - Geliat sektor pariwisata mulai terlihat di era new normal, salah satunya di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) yang telah membuka delapan tempat wisata sejak Sabtu (11/7/2020) untuk tahap simulasi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra mengatakan, delapan destinasi wisata itu terdiri dari wisata alam yang sudah memenuhi standar protokol di era new normal.

"Tahap simulasi itu adalah tahap di mana lokasi kita itu baik sumber daya manusia atau sarana prasarananya sudah memenuhi standar untuk new normal sesuai standar kesehatan," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/8/2020)

Pihaknya pun akan memberikan sertifikat terhadap masing-masing lokasi yang memenuhi standar untuk masuk tahap uji coba. Dua di antaranya, yakni Pantai Teleng Ria dan Beiji Park pun kini sudah masuk tahap uji coba, sehingga bisa didatangi wisatawan luar Pacitan.

Baca juga: 3 Oleh-oleh Pacitan yang Bisa Dibawa Pulang dengan Uang Rp 100.000

Untuk tahapan simulasi, kata Andi, obyek wisata hanya diperuntukkan untuk menerima kembali wisatawan lokal atau dalam Pacitan saja.

Tujuan dari tahapan simulasi ini yaitu adanya proses pembelajaran bagaimana caranya kembali menerima tamu lokal.

"Kesiapan itu sebelum menyambut wisatawan umum, sehingga kesiapan itu kita uji dulu selama satu bulan untuk lokal," ujar Andi.

Ia melanjutkan, apabila setelah evaluasi selama satu bulan tidak ada hal-hal yang sangat urgent atau mendasar hingga terjadi, misalnya ada wabah Covid-19 di sana atau tidak ada pelanggaran yang mendasar, evaluasi selanjutnya adalah masuk tahap uji coba.

Baca juga: Itinerary ke Pacitan 2 Hari 1 Malam, Destinasi yang Cocok untuk Petualang

Tahap kedua, yaitu uji coba akan berlangsung sampai Senin (30/11/2020) di mana para tamu dari luar diizinkan masuk ke tempat wisata dengan protokol kesehatan.

Namun, pembukaan untuk wisatawan nusantara (wisnus) tersebut tetap ada batasan-batasan, termasuk kendaraan yang masuk ke tempat wisata.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X