Kompas.com - 16/08/2020, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Ingin pergi berwisata menikmati pulau dekat Jakarta? Kamu bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu. Kabar baiknya, berwisata ke Kepulauan Seribu kini bisa lebih hemat.

Pasalnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta meringankan tarif kapal motor menuju Kepulauan Seribu dengan diskon 50 persen.

Diskon itu dibenarkan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Astuti.

"Iya ada diskon untuk harga tiket kapal Dishub dari Kaliadem, diskonnya 50 persen dari harga normal," kata Puji melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Baca juga: Wisata Pulau Dekat Jakarta, Bisa ke Mana Saja?

Dilansir Antara, Kamis (30/7/2020) diskon tiket tersebut sudah berlaku sejak Kamis (30/7/2020).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pelayanan UP Angkutan Perairan Dishub Provinsi DKI Jakarta, Sulistiyono Widodo mengatakan, tarif tiket kapal itu berlaku dari rute Pelabuhan Kali Adem Jakarta Utara menuju sejumlah pulau permukiman di Kepulauan Seribu.

"Mulai hari ini, pengurangan berlaku untuk warga Kepulauan Seribu dan masyarakat umum," kata dia dikutip Antara.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Kepulauan Seribu Tetap Gelar Upacara Bendera

Adapun, potongan itu merupakan pemberian keringanan retribusi daerah dan penghapusan sanksi administratif bagi wajib retribusi terdampak bencana Covid-19.

Hal ini juga sudah tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 61 Tahun 2020. Terdapat zona-zona khusus yang bisa menikmati diskon tiket kapal ini.

Kapal penyeberangan menuju Kepulauan Seribu yang bersandar di Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta UtaraKOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Kapal penyeberangan menuju Kepulauan Seribu yang bersandar di Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara

Berikut zona-zona atau rute kapal motor Dishub yang mendapat diskon tiket 50 persen:

  1. Zona 1 rute Kali Adem -Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang dan Pulau Pari dari harga tiket Rp 44.000 menjadi Rp 22.000, sudah termasuk peron dan asuransi
  2. Zona 2 rute Kali Adem-Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa dari harga tiket Rp 54.000 menjadi Rp 27.000 sudah termasuk peron dan asuransi
  3. Zona 3 rute Kali Adem-Pulau Sebira, dari harga tiket Rp 74.000 menjadi Rp 37.000 sudah termasuk peron dan asuransi

Sulistiyono melanjutkan, aturan pengurangan biaya tiket kapal tersebut berlaku selama masa pandemi Covid-19.

Para penumpang atau wisatawan diminta tetap mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan kapal seperti memakai masker, mengecek suhu tubuh, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Ada juga batasan kuota penumpang yaitu 50 persen dari kapasitas normal selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.