Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT RI, Ada Konvoi Bendera Merah Putih di Bawah Laut Raja Ampat

Kompas.com - 17/08/2020, 10:29 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Pemerintah Raja Ampat memiliki cara sendiri untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2020), yakni dengan mengadakan konvoi bendera merah putih di bawah laut.

Acara itu merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Papua Barat dengan Asosiasi Penyelam Profesional beserta mitra lainnya.

Puluhan pemandu wisata yang merupakan anggota Asosiasi Penyelam Profesional Raja Ampat melakukan konvoi bendera merah putih di bawah laut bersama TNI dan Polri.

Meski begitu, kegiatan tersebut tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga: Sambut HUT RI, Ancol akan Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Air

Menurut Ketua Asosiasi Penyelam Profesional Raja Ampat Ruben Suyai, pihaknya terlibat dalam acara tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam menyambut HUT RI dan new normal di sektor wisata.

Melalui kegiatan itu, sambung dia, menunjukkan kepada publik seputar standar operasional prosedur (SOPP menyelam baru saat new normal di Raja Ampat.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo, dilansir dari Antara, Minggu (16/8/2020), mengatakan bahwa konvoi bendera di dasar laut itu merupakan event tahunan Pemkab Raja Ampat dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Ia melanjutkan, tujuan acara tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan masyarakat Raja Ampat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menikmati Budaya Raja Ampat?

“Konvoi bendera merah putih di bawah laut sekaligus untuk mempromosikan cara berwisata selam baru pada era new normal dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujar Yusdi.

Kegiatan itu pun menjadi wujud persiapan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk siap menerima kunjungan wisatawan domestik yang ingin menyelam di bawah laut Raja Ampat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com