Itinerary Road Trip 3D2N di Jawa Barat dari Bogor ke Bandung

Kompas.com - 20/08/2020, 13:01 WIB
Sebuah tugu peringatan 200 tahun berdirinya Kebun Raya Bogor, yang diresmikan tepat pada ulang tahunnya yang ke dua abad, Kamis (18/5/2017). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASebuah tugu peringatan 200 tahun berdirinya Kebun Raya Bogor, yang diresmikan tepat pada ulang tahunnya yang ke dua abad, Kamis (18/5/2017).

KOMPAS.com – Jawa Barat (Jabar) memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang perlu dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Bogor, Purwakarta, dan Bandung.

Salah satu pilihan gaya melancong yang diprediksi akan ramai dilakukan wisatawan adalah road trip atau berlibur naik mobil.

Kamu bisa melakukan road trip ke tiga destinasi wisata di Jabar tersebut bersama keluarga atau teman-teman sambil berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik.

Berikut rancangan perjalanan jelajahi tiga destinasi wisata di Jabar selama tiga hari dua malam yang telah Kompas.com rangkum, Senin (17/8/2020):

Hari pertama

  • Jalan-jalan di Kebun Raya Bogor

Sebagai salah satu tempat wisata yang paling populer di Bogor, rasanya kurang komplet jika tidak memulai perjalanan dari Kebun Raya Bogor (KRB).

Meski bunga bangkai hanya bisa dilihat saat musim mekarnya tiba, kamu tetap bisa melihat berbagai spot Instagramable yang ada di sana, sambil menikmati sejuknya Kota Bogor.

Salah satunya adalah Taman Meksiko yang memiliki lebih dari 100 spesies tanaman kaktus. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk tempat wisata.

Salah satu spot berfoto atau selfie pertama di Kebun Raya Bogor yaitu taman Mexiko. Bebatuan dan tanaman kaktus yang khas membuat pemandangannya se otentik negara asalnya.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu spot berfoto atau selfie pertama di Kebun Raya Bogor yaitu taman Mexiko. Bebatuan dan tanaman kaktus yang khas membuat pemandangannya se otentik negara asalnya.

Taman Meksiko menawarkan pemandangan khas padang gurun Meksiko. Salah satunya area yang dipenuhi bebatuan yang memiliki berbagai macam tanaman kaktus.

Kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Ir H Juanda nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

  • Kulineran di Pasar Ah Poong

Usai berfoto-foto dan berkeliling KRB, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pasar Ah Poong. Lokasinya sekitar 12,5 kilometer (km) dari KRB dengan waktu tempuh sekitar 20 menit menggunakan mobil.

Kendati terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di Sentul, namun Pasar Ah Poong juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata alternatif.

Sebab, tempat tersebut memiliki beberapa spot unik untuk berfoto. Salah satunya adalah patung raksasa yang berada tidak jauh dari jembatan gantung.

Ada juga susunan taman indah yang berada di jalur menurun yang terletak di antara pintu masuk tempat wisata menuju patung raksasa tersebut.

Ilustrasi Bogor - Tempat wisata di Sentul bernama Pasar Ah Poong.dok. Instagram @ahpoongfoodmarket Ilustrasi Bogor - Tempat wisata di Sentul bernama Pasar Ah Poong.

Pasar Ah Poong terletak di area Sungai Cikeas. Sembari menikmati berbagai macam kuliner di sana, wisatawan bisa menikmati pemandangan sungai yang dikelilingi pepohonan.

Pengelola tempat wisata juga sudah menyediakan beberapa perahu wisata untuk dimanfaatkan sambil mengelilingi pusat kuliner yang mungkin mirip seperti pasar apung khas Thailand.

Pasar Ah Poong terletak di ECOART PARK Sentul City, Jaalan MH Thamrin nomor kavling 8, Cipambuan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

  • Ngadem di Danau Dora

Setelah puas menikmati suasana alam dan kulineran sejenak, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Dora di Cibinong.

Dari Pasar Ah Poong, kamu hanya perlu berkendara sejauh 11,2 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Lokasinya tepat di kawasan LIPI Cibinong.

Danau mungil ini dikelilingi oleh hamparan pepohonan hijau yang masih asri. Tidak heran jika udara di sana mungkin terasa lebih dingin dibandingkan tempat wisata lain.

Danau Dora di Cibinong.TRIBUN BOGOR / Mohamad Afkar Sarvika Danau Dora di Cibinong.

Saat berkunjung ke sana, kamu akan ditawarkan pemandangan bunga teratai di permukaan danau yang digoyangkan oleh riak air yang tenang.

Jika beruntung, mungkin kamu bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang. Sambil bersantai di pinggir danau, wisatawan bisa duduk-duduk dan istirahat di rumput hijau atau berfoto di jembatan kayu.

  • Bakar-bakaran di Pondok Ikan Bakar Kalimantan

Pondok Ikan Bakar Kalimantan berlokasi di Jalan Raya Tapos nomor 1, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Jaraknya sekitar 12,9 km dengan waktu tempuh dari Danau Dora kurang lebih 36 menit.

Sebelumnya, mungkin wisatawan sudah makan di Pasar Ah Poong. Namun perut tetap perlu diisi sebelum berkunjung ke tempat wisata terakhir.

Rumah makan ini menawarkan berbagai hidangan, seperti ikan asin Pontianak, ikan patin bakar bambu, ikan gurame masak taucho, udang balado petai, hingga tumis kangkung.

Rumah makan di Depok bernama Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan.dok. Traveloka Rumah makan di Depok bernama Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan.

Pondok Ikan Bakar Kalimantan menawarkan suasana yang asri lantaran tempatnya terbuat dari bilik bambu. Untuk masuk ke bangunan utama, pengunjung harus melewati jembatan kayu yang melintasi air.

Untuk pilihan tempat duduk, pihak restoran menyediakan pilihan duduk di kursi atau lesehan. Harga menu dibanderol mulai dari kisaran Rp 50.000-an untuk makanan berat.

  • Lihat burung di Taman Mini Indonesia Indah

Perjalanan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berjarak 18 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari restoran.

TMII memiliki berbagai macam pilihan wisata, mulai dari kereta wisata untuk berkeliling, hingga beberapa anjungan yang bisa dikunjungi seperti Anjungan Bali.

Jika ingin merasakan seperti berjalan di tengah hutan belantara, pengunjung bisa mampir ke Taman Burung.

Burung pelikan yang bisa dihampiri dan dilihat oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Burung pelikan yang bisa dihampiri dan dilihat oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).

Itu karena atraksi wisata tersebut memiliki berbagai jenis burung dari banyak wilayah di Indonesia. Bahkan, beberapa dilepaskan dari kandang sehingga wisatawan bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka.

Apabila ingin melihat ikon TMII yakni Danau Arsipel, wisatawan bisa menaiki kereta gantung. Namun selama new normal, per kabin hanya boleh diisi dua orang.

  • Menginap di Karawang

Setelah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk melakukan kegiatan wisata, kamu bisa langsung menginap di salah satu hotel di Karawang, yakni Citra Grand Hotel.

Hal ini lantaran kamu akan menghemat waktu dan jarak tempuh dengan menginap di sana. Perjalanan menuju Purwakarta pun tidak akan terasa jauh.

Dari TMII, jarak yang harus ditempuh untuk mencapai hotel tersebut adalah 51,9 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Citra Grand Hotel berlokasi di Jalan Raya Badami, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X