Thailand, Negara yang Aman Dikunjungi Wisatawan Saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 22/08/2020, 09:05 WIB
Ilustrasi Thailand - Grand Palace di Bangkok. SHUTTERSTOCKIlustrasi Thailand - Grand Palace di Bangkok.

KOMPAS.com – Thailand dinobatkan sebagai negara paling aman didunia untuk dikunjungi oleh wisatawan selama pandemi Covid-19.

Negara tersebut berhasil menduduki puncak karena memiliki skor 85 persen dalam International Health Regulations, kepadatan populasi yang sedang, serta jumlah kasus Covid-19 yang sangat rendah.

Melansir The Star, Senin (17/8/2020), kantor berita Malaysia bernama Malay Mail baru-baru ini melaporkan bahwa sebuah startup perjalanan berbasis di Berlin, Tourlane, melakukan penelitian.

Adapun penelitian tersebut dilakukan pada Senin (10/8/2020), untuk menentukan tujuan liburan yang aman di tengah wabah.

Baca juga: Thailand Belum Terima Turis Asing Tahun Ini

Perusahaan tersebut mengumpulkan data dan menganalisis berbagai metrik termasuk jam sinar matahari per hari untuk kegiatan luar ruangan.

Mereka juga menganalisis tingkat pemberitahuan nasional 14 hari dari kasus Covid-19 yang dipublikasikan oleh European Centre for Disease Prevention and Control.

Ilustrasi Thailand - Candi Wat Phra Kaew di Bangkok.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Thailand - Candi Wat Phra Kaew di Bangkok.

Sementara itu, hal lain yang turut dipertimbangkan dalam daftar tersebut adalah kepadatan penduduk dari masing-masing negara dan skor IHR.

Skor tersebut mengevaluasi kemampuan sebuah negara dalam menanggapi risiko kesehatan masyarakat, serta keadaan darurat yang menjadi perhatian nasional dan internasional.

Selain Thailand, terdapat beberapa negara lain yang dianggap aman untuk dikunjungi wisatawan yakni Yordania, Polinesia Perancis, Yunani, Uruguay, Italia, Kamboja, Jepang, Irlandia, dan Botswana.

Baca juga: Wisata Spa Kembali Buka, Pariwisata Thailand Mulai Bergairah

Per Senin (17/8/2020), total kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Thailand mencapai 3.378. Sebanyak 441 kasus tengah dikarantina negara dan 125 dalam pengobatan

Selanjutnya sebanyak 3.194 telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan, serta 58 kematian. Thailand juga belum melaporkan kasus Covid-19 lokal dalam 84 hari terakhir.

Kendati aman untuk dikunjungi, Thailand belum membuka pariwisata mereka untuk turis asing tahun ini. 

Menurut otoritas setempat, Thailand masih mempersiapkan sejumlah protokol kesehatan yang ketat, sehingga tidak kecolongan ketika membuka diri kembali bagi turis asing.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X