Benarkah Pembukaan Pariwisata Bali untuk Turis Asing Ditunda?

Kompas.com - 22/08/2020, 11:10 WIB
ILUSTRASI - Turis asing di Nusa Penida, Bali. Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafILUSTRASI - Turis asing di Nusa Penida, Bali.

KOMPAS.com - Pembukaan pariwisata Bali bagi turis asing belum bisa dipastikan terlaksana sesuai rencana pada 11 September 2020.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster yang menyebut ada alasan tertentu di balik ketidakpastian tersebut.

Lantas apa alasan tersebut?

"Tentu kita belum bisa mengatakan kepastiannya saat ini karena masih ada Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.11 tahun 2020 tentang pelarangan sementara orang asing berkunjung ke wilayah Indonesia," kata Koster, Jumat (21/8/2020).

Baca juga: 3 Pertimbangan Rencana Bali Sambut Turis Asing

Rencana buka awal Desember 

Koster mengungkapkan, pada 10 Agustus lalu, ia sempat bertemu dengan Menkumham Yassona Laoly dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk membahas pembukaan kembali pariwisata Bali untuk turis asing pada 11 September mendatang.

Namun, diakui Koster, rencana pembukaan tersebut belum dapat terealisasi, setelah lewat beberapa pertimbangan dan kajian.

"Tadinya (buka untuk turis asing) bulan September, tapi Ibu Menlu melakukan kajian-kajian, sehingga kemungkinan itu baru bisa bulan Desember," kata Wayan.

"Itu pun masih sangat terbatas dan juga belum pasti, karena masih melihat perkembangan dalam negeri dan luar negeri mengenai Covid-19," paparnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Pembukaan Pariwisata Bali untuk Wisman Diundur? Begini Penjelasan Gubernur.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X