Pendakian Gunung Ciremai via Majalengka Dibuka, Ada Kuota Pendaki

Kompas.com - 22/08/2020, 12:10 WIB
Pendaki menikmati momen matahari terbit di puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl). KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPendaki menikmati momen matahari terbit di puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).


KOMPAS.com - Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) wilayah Majalengka kembali membuka aktivitas wisatanya termasuk wisata pendakian, mulai Jumat (21/8/2020).

Melihat situs resmi TNGC, pembukaan kembali atau reaktivasi ini tercantum dalam Pengumuman Balai TNGC Nomor: PG.26/T.33/TU/KSA.3/8/2020 Tentang Reaktivasi Penyelenggaraan Wisata Alam Treking, Penyediaan Makanan Minuman, Pendakian dan Berkemah Taman Nasional Gunugng Ciremai Wilayah Majalengka.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai Buka 8 Agustus, Hanya untuk 2 Hari 1 Malam

Selain itu, pembukaan kembali ini juga telah memerhatikan Surat Edaran (SE) Bupati Majalengka Nomor 556/1218-Disparbud tanggal 18 Agustus 2020 tentang Pembukaan Obyek Daya Tarik Wisata di Kabupaten Majalengka yang baru diterima pihak TNGC pada 20 Agustus 2020.

Kepala Balai TNGC, Kuswandono, dalam surat tersebut menuliskan, hasil evaluasi Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Majalengka bahwa seluruh obyek wisata alam wilayah Majalengka telah menjalankan protokol kesehatan.

"Reaktivasi obyek wisata alam Taman Nasional Gunung Ciremai Wilayah Majalengka berlaku mulai hari Jumat tanggal 21 Agustus 2020," tulis Kuswandono.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai Dibuka 8 Agustus 2020, Pendaki Wajib Booking

Adapun kegiatan pendakian diizinkan untuk 2 hari 1 malam. Bagi para pendaki yang ingin melewati jalur pendakian Gunung Ciremai via Apuy yang terletak di Majalengka, dapat melakukan booking pendakian dengan mengunjungi situs TNG Ciremai.

Para pendaki juga harus mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan membawa hand sanitizer serta menggunakan masker.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X