Semua Jalur Pendakian Gunung via Wonosobo Tutup Mulai 24 Agustus 2020

Kompas.com - 22/08/2020, 17:05 WIB
Panorama menawan dari Gunung Bismo. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPanorama menawan dari Gunung Bismo.

KOMPAS.com - Imbas naiknya kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo, seluruh pengelola basecamp gunung di sana memutuskan menutup wisata pendakian mulai Senin (24/8/2020).

Informasi itu didapat dari Ketua Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) Harsono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

"Informasi terkini, bahwa semua basecamp di Kabupaten Wonosobo, akan ditutup mulai hari Senin besok sampai waktu yang belum ditentukan," kata dia.

Harsono melanjutkan, penutupan itu merupakan imbas dari adanya peraturan rapid test bagi wisatawan luar Wonosobo.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Buka Kembali

Menurut dia, penutupan juga sudah merupakan kesepakatan antara basecamp se-Kabupaten Wonosobo.

"Jadi ini kesepakatan antara basecamp se-Kabupaten Wonosobo. Daripada menimbulkan banyak pro kontra," tambahnya.

Panorama Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Sindoro.

Ia pun lantas mengirimkan foto kepada Kompas.com melalui WhatsApp, berupa hasil diskusi basecamp pendakian gunung se-Kabupaten Wonosobo pada rapat Hari Sabtu (22/8/2020).

Dalam foto tersebut, tertulis bahwa penutupan pendakian gunung di wilayah Wonosobo bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wonosobo menekan angka penyebaran Covid-19 yang belakangan naik.

"Maka jalur pendakian Gunung se-Kabupaten Wonosobo kami tutup untuk sementara waktu mulai tertanggal 24 Agustus 2020 sampai batas waktu yang belum bisa kami tentukan," tulis pengumuman tersebut.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Selain itu, pihak basecamp juga menuliskan usulan ke Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menerapkan protokol kesehatan di semua pelayanan publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X