Air Terjun Tanggedu, Oase di Tengah Savana Sumba

Kompas.com - 24/08/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi Sumba - Air Terjun Tanggedu. SHUTTERSTOCK.com/MARKO REIMANNIlustrasi Sumba - Air Terjun Tanggedu.

SUMBA TIMUR, KOMPAS.com – Gemericik suara air terjun seolah menyapa lembut para pengunjung di  Air Terjun Tanggedu, Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Riakan air di kolam mampu mengusir sepi. Udara yang sejuk mengusap perlahan keringat setiap pengunjung yang lelah berjalan ke tempat ini.

Sementara itu, dinding batu tampak menjulang anggun mengapiti lokas wisata Air Terjun Tanggedu.

Tempat ini berjarak 48 kilometer (km) dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur. Pengunjung menempuh waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke sana.

Baca juga: Hutan Cemara Laipori Sumba, Wisata ala Film Pendekar Tongkat Emas

Sesampainya di tujuan, terdapat dua air terjun dari aliran sungai yang berbeda. Air mengalir dari ketinggian sekitar 8 meter.

Ada pula beberapa kolam pemandian alami. Kondisi air sangat bersih, segar, dan berwarna kebiruan.

Wisatawan dapat berenang di beberapa kolam yang ada di Air Terjun Tanggedu. Tentunya, mengabadikan momen dengan berfoto tidak boleh terlewatkan.

Wisata Air Terjun Tanggedu menyediakan beberapa latar foto alami yang menarik. Setiap latar memberikan sensasi yang khas. Pengunjung dapat berpose dengan latar air terjun.

Baca juga: Turis Perancis Suka Sumba dan Pulau Komodo, Kenapa?

 

Sudut foto yang juga tak kalah menariknya adalah latar tebing batu yang terpahat perkasa di pinggir kiri dan kanan sungai.

Selain itu, kolam pemandian dengan relief bebatuan aneka warna di sekelilingnya menjadi spot foto yang ciamik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X