Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Tanggedu, Oase di Tengah Savana Sumba

Kompas.com - 24/08/2020, 09:22 WIB
Kontributor Sumba, Ignasius Sara,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

SUMBA TIMUR, KOMPAS.com – Gemericik suara air terjun seolah menyapa lembut para pengunjung di Air Terjun Tanggedu, Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Riakan air di kolam mampu mengusir sepi. Udara yang sejuk mengusap perlahan keringat setiap pengunjung yang lelah berjalan ke tempat ini.

Sementara itu, dinding batu tampak menjulang anggun mengapiti lokas wisata Air Terjun Tanggedu.

Tempat ini berjarak 48 kilometer (km) dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur. Pengunjung menempuh waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke sana.

Baca juga: Hutan Cemara Laipori Sumba, Wisata ala Film Pendekar Tongkat Emas

Sesampainya di tujuan, terdapat dua air terjun dari aliran sungai yang berbeda. Air mengalir dari ketinggian sekitar 8 meter.

Ada pula beberapa kolam pemandian alami. Kondisi air sangat bersih, segar, dan berwarna kebiruan.

Wisatawan dapat berenang di beberapa kolam yang ada di Air Terjun Tanggedu. Tentunya, mengabadikan momen dengan berfoto tidak boleh terlewatkan.

Wisata Air Terjun Tanggedu menyediakan beberapa latar foto alami yang menarik. Setiap latar memberikan sensasi yang khas. Pengunjung dapat berpose dengan latar air terjun.

Baca juga: Turis Perancis Suka Sumba dan Pulau Komodo, Kenapa?

 

Sudut foto yang juga tak kalah menariknya adalah latar tebing batu yang terpahat perkasa di pinggir kiri dan kanan sungai.

Selain itu, kolam pemandian dengan relief bebatuan aneka warna di sekelilingnya menjadi spot foto yang ciamik.

“Saya tidak menyangka tempatnya luar biasa indah. Dalam perjalanan ke sini saya hampir menyerah karena kondisi jalan yang cukup menantang. Ini benar-benar amazing,” kata salah satu pengunjung asal Kota Waingapu Stephanie Rambu Ana Praing.

Wisatawan lain bernama Samuel Joru Hinyo mengakui dirinya kagum dengan Air Terjun Tanggedu.

Salah satu air terjun di lokasi wisata Air Terjun Tanggedu, Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (20/8/2020).KOMPAS.com/IGNASIUS SARA Salah satu air terjun di lokasi wisata Air Terjun Tanggedu, Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (20/8/2020).

 

Menurut dia, tempat wisata itu seperti oase karena area sekitar lokasi wisata merupakan daerah padang rumput dan perbukitangan yang gersang.

Dalam perjalanan ke wisata Tanggedu, pengunjung dapat menikmati padang savana nan luas. Sejauh mata memandang, tampak air laut biru membentang di lepas utara Pantai Puru Kambera.

Harga dan akses menuju Air Terjun Tanggedu

Perjalanan menuju tempat wisata ini mengikuti jalan lintas pantai utara (pantura) Pulau Sumba. Dari Waingapu menuju arah barat sejauh 33 km. melintasi jalanan beraspal dan mulus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com