Benarkah Penjualan Voucher Menutup Biaya Operasional Hotel Selama Pandemi?

Kompas.com - 24/08/2020, 16:04 WIB
Soft opening Hotel Dafam Wonosobo dilakukan Senin (19/8/2019). ARSIP DAFAM HOTEL MANAGEMENTSoft opening Hotel Dafam Wonosobo dilakukan Senin (19/8/2019).

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, beberapa hotel menjual voucher menginap dengan periode yang fleksibel dan harga murah.

Meski mendapat sambutan baik dari masyarakat yang sudah jemu di rumah, tetapi penjualan voucher tidak sepenuhnya menutup biaya operasional hotel.

“Kalau untuk menutupi biaya operasional tentunya tidak. Membantu sedikit, mungkin karena biaya operasional sangat besar,” kata Corporate PR & Sales Manager PT Dafam Hotel Management (DHM) Ninik Haryanti, kepada Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Ia melanjutkan, tujuan penjualan voucher adalah untuk mengejar cash flow karena cukup efektif di tengah pandemi, sehingga operasional hotel tetap berjalan.

Baca juga: Layanan Makanan di Hotel Syariah, Ikuti Adab Makan dan Minum dalam Islam

Senada dengan Ninik, Assistant Corporate Marcomm Manager Santika Indonesia Hotels & Resorts Prita Gero menuturkan bahwa penjualan voucher hotel cukup efektir untuk menjaga arus kas yang masuk.

Menurut dia, kondisi itu masih lebih baik dibanding jika hotel sepenuhnya tutup yang membuat tidak adanya pemasukan sama sekali.

“Ini bagus banget karena setidaknya ada pendapatan yang masuk,” ujar Prita kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Meski begitu, Prita mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya menutup biaya operasional setiap unit, meski seluruh unit Santika melakukan penjualan voucher.

Baca juga: Seperti Apa Tantangan Hotel dalam Terapkan Protokol Kesehatan?

Sementara itu, Chief Operating Officer Accor Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Asia Selatan Garth Simmons mengatakan hal yang sama.

Hotel Santika Garut, Jawa Barat.DOK. Booking.com Hotel Santika Garut, Jawa Barat.

“Sebelum penawaran ini kami tawarkan kepada masyarakat, tentunya tim kami sudah memiliki perhitungan yang matang,” kata Simmons kepada Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X