BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Tak Perlu Keluar Kota, Jakarta Punya Spot Menarik untuk Hasilkan Fotografi Unik

Kompas.com - 25/08/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta. Dok. ShutterstockIlustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta.

KOMPAS.com – Bagi pecinta fotografi jalanan atau street photography, masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi Covid-19 menghambat kreativitas berkarya.

Pasalnya, selama kebijakan tersebut diterapkan, praktis hunting foto harus dihentikan sementara karena aktivitas di luar rumah dibatasi.

Memasuki era adaptasi kebiasaan baru atau new normal, pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan aktivitas di luar rumah. Kegiatan di luar rumah pun dapat dilakukan kembali dengan protokol kesehatan. Beberapa tempat wisata juga sudah dibuka kembali.

Momen pelonggaran tersebut menjadi lampu hijau bagi pecinta fotografi untuk kembali hunting foto. Terlebih, aktivitas tersebut dapat mengurangi rasa penat setelah berbulan-bulan beraktivitas di rumah.

Baca juga: Di Tengah Corona, Sweet Escape Cari Peluang Bisnis Fotografi Dadakan

Meski dilonggarkan, protokol kesehatan tetap harus diterapkan di mana pun berada. Pasalnya, tiap orang dapat tertular Covid-19 di mana dan kapan saja.

Nah, agar lebih aman lagi, Anda bisa hunting foto dalam grup kecil atau sendirian. Ingat juga untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, Anda pun tak perlu pergi jauh-jauh hingga ke luar kota untuk mendapatkan spot menarik. Di Jakarta, banyak spot yang bisa dijelajahi untuk menghasilkan foto street photography unik.

Lalu, di mana saja sih lokasi yang bagus dan cocok untuk hunting foto di Jakarta? Berikut ulasannya.

Baca juga: 8 Tren Fotografi 2020 yang Bisa Kamu Coba Saat Berwisata

Nuansa tempo dulu

Kawasan Kota Tua Jakarta sudah terkenal menjadi lokasi ikonik yang selalu dikunjungi wisatawan. Banyak juga para fotografer dan pecinta fotografi yang memilih lokasi ini untuk menjadi latar dari karyanya.

Umumnya, para pecinta fotografi banyak mengambil spot foto di sekitar Museum Fatahillah atau Toko Merah. Namun sebenarnya, kawasan Kota Tua Jakarta masih punya spot-spot lain yang tak kalah bagus. 

Belakangan ini, Kali Besar Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu foto. Pasalnya, tak hanya bisa mengambil foto dari pinggir kali dan jembatan, Anda bisa berjalan ke bagian tengah kali yang menjadi spot menarik.

Tak perlu khawatir karena Kali Besar Timur sudah dilengkapi dengan dermaga apung hingga ke tengah. Anda pun dapat mengambil foto keindahan Kota Tua dari sudut yang berbeda dari spot ini.

Baca juga: Transjakarta Kembali Buka Rute Layanan Shuttle Bus Gratis di Kota Tua

Anda juga masih bisa mengeksplorasi beberapa spot lain yang dekat dari kawasan Kota Tua. Cobalah untuk berjalan kaki ke arah Glodok, Anda akan menemukan Pasar Petak Sembilan Glodok.

Berbeda dengan pasar lainnya di Jakarta, di pasar ini Anda akan merasakan suasana ala di Tiongkok. Pasar yang berada di kawasan pecinan ini memang identik dengan ornamen ala Negeri Tirai Bambu.

Tidak hanya ornamen, di Pasar Petak Sembilan banyak pula pedagang yang menjual kuliner dan jajanan serta pernak-pernik khas Tiongkok. Lokasi ini cocok sebagai spot untuk street photography.

Meski selama masa pandemi pasar ini tidak terlalu ramai, Anda masih bisa mendapatkan foto dengan latar bangunan tua khas pecinan.

Baca juga: Melihat Sembahyang Imlek di Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan

Nah, bagi Anda pemburu senja, kawasan Kota Tua memiliki Pelabuhan Sunda Kelapa yang bisa dijadikan latar foto yang estetik.

Dengan latar kapal-kapal besar bersandar di dermaga, Anda bisa mengabadikan momen matahari tenggelam dengan indah di pelabuhan ini.

Pemandangan alam di tengah kota

Selain bangunan kuno, Jakarta juga memiliki beberapa spot foto dengan latar belakang alam. Lokasi pertama yang bisa dikunjungi adalah Hutan Kota yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Area seluas 4,6 hektar yang merupakan bekas lapangan golf ini dibangun pada 2016. Anda bisa memasukinya melalui Pintu 5 GBK, tepat di seberang FX Sudirman.

Baca juga: Akhir Pekan di Hutan Kota GBK, Warga Harus Bersabar karena Sedang Direnovasi

Di lokasi tersebut terdapat kolam trembesi yang dilengkapi dengan air terjun mini serta bebatuan berukuran kecil dan sedang.

Lanskap pemandangan kota lainnya bisa dinikmati lewat teduhnya Taman Suropati di kawasan Menteng. Terkenal dengan lokasi berolahraga, di taman ini Anda akan mendapati pohon-pohon yang rimbun dan sejuk.

Tak hanya itu, di Taman Suropati juga terdapat berbagai bunga cantik, kolam, dan burung dara yang bisa menjadi latar foto yang ciamik.

Nah, jika ingin berfoto dengan latar hutan mangrove, Anda bisa menuju utara Jakarta, tepatnya di Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM). Meski berada di Kabupaten Bekasi, PRPM berbatasan langsung dengan Pantai Marunda, Jakarta Utara.

Baca juga: Atasi Abrasi dengan Mangrove, Taraf Hidup Masyarakat Ikut Meningkat

Berlokasi di Kampung Palijaya, Desa Segaraja, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Anda bisa menemukan Jembatan Cinta yang jadi andalan area ini. Jembatan kayu dengan cat warna-warni ini akan tampak cantik saat difoto.

Para pemburu foto juga bisa mengabadikan nuansa khas perkampungan nelayan di pinggir hutan mangrove yang memiliki pemandangan unik. Bahkan, kamu bisa menaiki perahu nelayan untuk melihat keindahan hutan mangrove lebih dekat.

Pesona Jakarta malam hari

Bagi Anda pecinta pemandangan malam, Jakarta juga memiliki beberapa lokasi foto dengan latar gemerlap lampu.

Belum lama ini, jembatan penyeberangan orang (JPO) Gelora Bung Karno menjadi spot foto yang kekinian bagi generasi muda. Pasalnya, saat malam tiba, JPO akan diterangi dengan lampu berwarna-warni.

Baca juga: Anies Resmikan JPO GBK dan JPO Bundaran Senayan

Dari lokasi ini juga, Anda bisa mendapatkan pemandangan kota dengan gemerlap lampu gedung-gedung pencakar langit di Jalan Jenderal Sudirman.

Tak hanya di JPO GBK, pemandangan serupa juga bisa didapatkan dari jembatan layang Tugu 66 yang berlokasi di Jalan Rasuna Said.

Hasil foto menggunakan fitur Night Flare Potrait dari Oppo Reno4Dok. OPPO Hasil foto menggunakan fitur Night Flare Potrait dari Oppo Reno4

Bosan dengan lampu gedung, Anda bisa menuju ke Lapangan Banteng. Sebab, pada malam-malam tertentu, kolam yang berada di tengah lapangan akan menyuguhkan air mancur menari dengan lampu warna-warni yang cantik.

Nah, itu tadi beberapa spot di Jakarta yang bisa Anda datangi untuk hunting foto. Selain lokasi yang ikonik, hal penting untuk menghasilkan karya fotografi yang unik ada pada alat yang digunakan, yaitu kamera.

Baca juga: Dari Belanja sampai Fotografi, 4 Keseharian Ini Memanfaatkan Teknologi AI

Jadi, pakailah kamera yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Tak perlu kamera profesional yang mahal, apalagi kalau hobi ini juga baru bagi Anda.

Anda cukup memanfaatkan kamera ponsel untuk mendapatkan lanskap foto yang bagus. Catatannya, ponsel yang dimiliki haruslah dilengkapi dengan kamera berteknologi canggih, seperti yang dimiliki Oppo Reno4.

Smartphone yang satu ini memiliki fitur Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode yang dapat menampilkan warna dalam foto dengan sangat jelas dan kontras layaknya karya seni.

Bahkan, Anda bisa membuat latar belakang menjadi hitam-putih tanpa mengubah warna obyek utama Anda. Misalnya, saat Anda memotret orang, warna latar di belakang orang tersebut dapat diubah menjadi hitam putih, sedangkan warna obyek orang tetap sama.

Baca juga: Wujud Baru Trendsetter Fotografi Mobile, Ada Fitur Apa Saja di OPPO Reno4?

Selain foto, Anda juga bisa mendapatkan video dengan latar belakang hitam-putih dengan fitur AI Monochrome Video. Fitur ini dapat menghasilkan video yang keren dengan efek yang menyerupai film layar lebar.

Hasil jepretan dengan fitur AI Color Potrait dari Oppo Reno4. Dok. Oppo Hasil jepretan dengan fitur AI Color Potrait dari Oppo Reno4.

Fitur lainnya yang akan membuat foto tidak monoton adalah Night Flare Potrait. Didukung algoritma Low Light HDR dan bokeh, fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada latar belakang obyek foto.

Fitur ini cocok untuk Anda yang ingin mengambil pemandangan malam kota yang sarat dengan kelap-kelip lampu gedung.

Tak perlu khawatir obyek foto akan gelap. Sebab, fitur ini akan membuat obyek foto tampil lebih cerah layaknya kamera profesional.

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Oppo Reno4 yang Dijual Rp 5 Juta

Bagi pecinta video slow motion, Anda bisa memanfaatkan fitur 960fps AI Slow-Motion untuk menangkap gerak lambat di tengah video.

Kecanggihan fotografi Oppo Reno4 bisa Anda miliki dengan harga Rp 4.999.000 di e-commerce official Oppo Indonesia dan Oppo Store seluruh Indonesia.

Pecinta Oppo juga bisa menikmati Exclusive Offer dari provider favorit dengan benefit hingga Rp 3,4 juta serta special instalment dari Kredivo dan Homecredit. Informasi lebih lanjut silakan klik di sini.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya