Pengunjung Wisata di Gunungkidul Capai Puluhan Ribu Selama Libur Panjang

Kompas.com - 26/08/2020, 07:07 WIB
Pantai Ngobaran, salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Ngobaran, salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul.

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Selama libur panjang dari Rabu-Minggu (19-23 Agustus 2020), pengunjung obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mencapai puluhan ribu orang. Sebagian besar mengunjungi kawasan pantai.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, total dari Rabu hingga Minggu pengunjung di kawasan wisata mencapai 51.492 orang dengan pendapatan retribusi sebesar Rp 428.236.380.

"Untuk Goa Pindul, selama liburan pengunjungnya 1258 orang karena memang belum lama dibukanya," kata dia melalui sambungan telepon, Selasa (25/8/2020).

Kawasan pantai menjadi sasaran kunjungan karena areanya luas dan banyak pilihan, seperti Pantai Baron, Ngobaran, Kukup, hingga Wediombo.

Baca juga: Uji Coba Tempat Wisata di Gunungkidul Diperpanjang hingga 31 Agustus

 

Pantai di Gunungkidul sendiri memiliki karakteristik beragam, sehingga pengunjung tidak bosan untuk datang.

Namun demikian, masih ada kawasan pantai yang belum melakukan uji coba yakni pantai Ngeden. 

Untuk obyek wisata lainnya juga belum melakukan uji coba, seperti Hutan wonosadi, Gunung Gambar, Gunung Ireng, Embung Batara Sriten, Gunung Gentong, dan Gren Village.

Untuk pengunjung kawasan wisata, pihaknya tetap mewajibkan pengunjung mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan mengisi aplikasi Visit Jogja.

Razia masker

Sementara itu Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, pihaknya melakukan razia masker kepada pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu.

Razia masker itu sesuai intruksi dari Kepala Satpol (Kasatpol) PP terhadap seluruh petugas SAR Satlinmas seluruh DIY.

Razia masker Pengunjung Pantai Gunungkidul Minggu (16/8/2020)Dokumentasi SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Razia masker Pengunjung Pantai Gunungkidul Minggu (16/8/2020)

"Setiap hari Sabtu dan Minggu, kami melakukan razia dan berkeliling dua kali untuk melakukan razia pengunjung yang tidak memakai masker, sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat," ujar Marjono

Ia melanjutkan, pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker akan dibawa ke pos SAR untuk membuat surat pernyataan yang berisi akan menggunakan masker selama berkunjung.

Diakuinya, banyak pengunjung dan masyarakat yang tidak memakai masker, meski sebetulnya mereka membawanya dari rumah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X