Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kawasan Wisata di Lombok Sudah Buka, tapi Sepi Wisatawan

Kompas.com - 27/08/2020, 09:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebanyak empat destinasi wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah dibuka kembali secara bertahap sejak 27 Juni 2020 yakni tiga Gili, kawasan Rinjani non-pendakian, serta kawasan wisata Senggigi dan Mandalika.

“Kondisi sama dengan destinasi wisata lain. (Sepi karena) keterbatasan penerbangan karena memang demand masih rendah,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: Wisata ke Gili Trawangan, Bisa Apa Saja?

Menurutnya, sejumlah persyaratan tambahan untuk penerbangan selama era new normal dirasa berat bagi wisatawan untuk bepergian.

Selanjutnya, wisatawan masih merasa ragu untuk bepergian karena merasa sejumlah destinasi wisata berada dalam zona merah atau kuning meski sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Kita juga tidak bisa maksa. Meski pariwisata mulai bergerak, tapi menuju normal susah,” ujar Faozal.

Baca juga: Liburan ke Lombok, Jangan Lupa ke Gili Air

Sejak dibuka kembali secara bertahap, Faozal menuturkan bahwa kunjungan terbilang masih cukup sepi meski empat destinasi wisata tersebut termasuk dalam destinasi wisata populer.

Meski pihaknya belum berani memberi angka pasti jumlah kedatangan wisatawan yang berkunjung ke empat destinasi tersebut, namun perhitungan tetap dilakukan.

“Sekarang susah menghitung, wisatawan dari luar Lombok masih belum terpantau. Yang jelas ada kenaikan sebanyak 180 persen di bandara dari awal pandemi sampai sekarang,” tutur Faozal.

Faozal mengungkapkan, perhitungan masih berlangsung lantaran pihaknya masih melihat mana masyarakat wisatawan dan non-wisatawan.

Penutupan akibat pandemi Covid-19

Sebelumnya, kawasan tiga Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air ditutup untuk sementara waktu pada pertengahan Maret.

Penutupan dilakukan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah guna menyetop penyebaran virus Covid-19 di sana.

Baca juga: Bau Nyale, Momen Berburu Cacing Nyale Perwujudan Purti Mandalika

Sementara itu, Taman Nasional Gunung Rinjani ditutup pada 16 Maret berdasarkan arahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Untuk kawasan wisata Senggigi dan Mandalika yang masing-masing berada di Lombok Barat dan Lombok Tengah ditutup pada Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com