Asyik, Seluruh Destinasi Wisata di Sumbar Sudah Dibuka Kembali

Kompas.com - 27/08/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi Sumatera Barat - Tempat wisata Lembah Harau. SHUTTERSTOCKIlustrasi Sumatera Barat - Tempat wisata Lembah Harau.

KOMPAS.com – Seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar) sudah menggerakkan kembali roda pariwisatanya sejak 17 Juli 2020.

“Pertama yang dibuka adalah Bukittinggi pada Juni. Setelah Juli, sudah dibuka semua,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial kepada Kompas.com, Kamis (27/82020).

Baca juga: 6 Gunung di Sumbar Sudah Buka, Mana Saja?

Tempat wisata yang dibuka untuk pertama kali adalah tempat wisata luar ruangan dan wisata air seperti kolam renang.

“Pembukaan secara bertahap. Luar ruangan dulu, obyek wisata air, baru dalam ruangan. Obyek wisata dalam ruangan dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan,” ungkap Novrial.

Terkait protokol kesehatan, Novrial menuturkan bahwa 19 kabupaten dan kota mengikuti panduan dari Pemprov Sumbar yakni sebagai berikut:

Tempat wisata

  1. Manajemen/pengelola obyek wisata senantiasa memantau dan memperbaharui perkembangan informasi tentang Covid-19 di wilayah kerjanya.
  2. Pihak manajemen membuat jarak pengunjung minimal 1 meter.
  3. Pihak manajemen mengetahui dari awal berapa wisatawan yang masuk, dan berapa wisatawan yang keluar dengan memperkirakan berapa daya tampnug obyek wisata.
  4. Pihak manajemen membatasi jumlah pengunjung.
  5. Melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas dan sarana/prasarana di sekitar kawasan wisata secara berkala.
  6. Membatasi jam operasional mulai pukul 08:00 – 18:00 WIB.
  7. Mewajibkan pekerja memakai masker dan penutup wajah selama di tempat kerja.
  8. Menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  9. Mengimbau pekerja dan wisatawan untuk jaga jarak.
  10. Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tempat kerja.
  11. Lakukan sosialisasi dan edukasi terhadap pekerja dan wisatawan mengenai protokol kesehatan.
  12. Sediakan alat pembayaran digital atau non-tunai tanpa kontak fisik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X