Kompas.com - 29/08/2020, 14:02 WIB
Wisata selobonang menyajikan keheningan alam dan batu piring yang mengeluarkan bunyi musik BAGUS SUPRIADI/KOMPAS.COMWisata selobonang menyajikan keheningan alam dan batu piring yang mengeluarkan bunyi musik

JEMBER, KOMPAS.com – Hening, hanya suara alam yang terdengar. Ada kicau burung, bunyi jangkrik dan katak hingga bunyi derasnya air terjun.

Keheningan alam makin membumi saat ketukan batu memantulkan bunyi seperti gamelan. Bunyi nang ning nung dari ketukan batu seperti memusatkan pikiran pada titik tertentu.

Pengunjung yang datang akan terkesan. Batuan di kawasan wisata Selobonang itu mengeluarkan bunyi.

Saat batu diketuk, akan muncul berbagai jenis nada yang berbeda-beda layaknya alat musik gamelan.

Baca juga: Pantai Payangan, Pesona Bagai Khayangan di Jember Selatan

Wisata Selobonang merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Jember yang unik karena menyajikan susunan batu yang mengeluarkan nada saat diketuk. Batu piringan tersebut sudah disusun dengan rapi. 

Ada yang menyebutnya, Wisata Geopark di Jember. Alasannya, bebatuan tersebut dinilai berbeda dengan batu lain pada umumnya.

Sampai sekarang, banyak yang masih bertanya asal-usul batu tersebut. Sejumlah mahasiswa juga melakukan penelitian.

Menuju Selobonang, Jember

Wisata Selobonang tak jauh dari kota Jember, hanya sekitar 15 kilometer dengan waktu perjalanan 36 menit.

Selobonang terletak di lereng pergunungan Hyang dengan ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di Dusun Sumbercandik, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk.

Menuju Selobonang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Namun, pengunjung harus parkir di bawah. Selanjutnya, perjalanan menuju lokasi dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X