Masuk ke Obyek Wisata di Manggarai Barat Kini Wajib Bayar Retribusi

Kompas.com - 29/08/2020, 14:32 WIB
Sebuah kolam yang berupa aliran air di Gua Rangko, Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Rizal Agustin / @mrizagSebuah kolam yang berupa aliran air di Gua Rangko, Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat.

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT) Agustinus Rinus mengatakan, pemerintah daerah setempat akan memungut retribusi masuk ke sejumlah tempat wisata di wilayah itu.

Pernyataan itu ia sampaikan kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (13/8/2020).

Menurut Rinus, retribusi itu ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan pendapatan asli daerah.

Baca juga: Indahnya Timor Tengah Selatan di NTT, Ini 5 Wisata Rekomendasi

Retribusi itu, lanjut dia, mulai diberlakukan bagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (14/8/2020).

Air Terjun Cunca Wulang, Manggarai Barat, NTT.SHUTTERSTOCK.com/SHAHAR SABTAI Air Terjun Cunca Wulang, Manggarai Barat, NTT.

Tempat wisata yang dikenai retribusi, antara lain adalah Gua Rangko dan Air Terjun Cunca Wulang.

Untuk biaya retribusi, lanjut Rinus, berbeda-beda. Wisatawan asing sebesar Rp 50.000, kemudian wisatawan nusantara Rp 20.000, dan wisatawan lokal Rp 10.000.

Ia melanjutkan, para pengunjung yang berwisata di obyek wisata daerah Manggarai Barat juga Wajib menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan pengecekan suhu tubuh.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Berwisata ke Pulau Sabu di NTT

"Sebelum masuk ke obyek wisata, pengunjung harus dites suhu tubuh dan juga wajib pakai masker," kata Rinus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X