Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desa Wisata Bali yang Jadi Favorit Turis Asing

Kompas.com - 01/09/2020, 09:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Selain keindahan pantai dan gunung, Bali juga dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki daya tarik kebudayaan dan masyarakatnya.

Wisatawan bisa berkunjung ke desa adat atau desa wisata untuk melihat dan belajar bagaimana kebudayaan dan kehidupan masyarakat pedesaan di Bali.

Menurut Ketua ASITA Bali, Ketut Ardana, daya tarik Bali yang memiliki desa wisata atau desa adat itu juga telah dilirik wisatawan mancanegara (wisman) sejak era 1970-an.

"Kehidupan di desa masih tetap mereka sukai juga. Penglipuran udah ramai kunjungannya. Mereka akan lebih suka ke desa-desa yang masih belum banyak touristnya," kata Ketut saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Baca juga: Penglipuran, Desa Wisata Bali dengan Sederet Penghargaan

Lantas, desa mana saja yang biasa dikunjungi wisman untuk wisata budaya di Bali?

Ada lima desa yang disebutkan Ketut sebagai desa-desa yang sering dikunjungi wisman saat berada di Bali yaitu Desa Bongkasa Pertiwi Badung, Desa Budakeling, Karangasem, Desa Celuk, dan Desa Mas.

Berikut Kompas.com rangkum daya tarik dan informasi seputar kelima desa tersebut

Desa Swing merupakan salah satu Objek Wisata yang menawarkan Swing (ayunan raksasa) sebagai fasilitas utamanyahttp://www.desabongkasa.badungkab.go.id/ Desa Swing merupakan salah satu Objek Wisata yang menawarkan Swing (ayunan raksasa) sebagai fasilitas utamanya

Desa Bongkasa Pertiwi Badung

Desa Bongkasa terletak di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Ternyata, desa ini sudah lama dilirik wisman.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan desa ini adalah wisata alamnya yang terdapat di desa Swing. Ada ayunan raksasa, spot foto menarik dengan latar pemandangan alam dan sungai ayung yang bisa wisatawan lihat dan rasakan sendiri.

Melihat situs resmi Desa Bongkasa, desa ini juga memiliki restoran dengan menu andalan mulai dari masakan lokal maupun tradisional.

Baca juga: Denpasar Miliki 6 Desa Wisata Favorit

Sampai di desa ini, wisatawan bisa melihat bentang alam yang masih asri cocok dengan konsep yang diusung pengelola desa Swing yaitu konsep tradisional.

Selain itu, kamu bisa pula menjajal wisata kopi di Desa Bongkasa. Desa ini juga dikenal karena memiliki agrowisata "Bongkasa Coffee Luwak" yang bertempat di Banjar Kedewatan, Desa Bongkasa.

Wisatawan bisa langsung menjajal pengalaman mengolah kopi, edukasi pemeliharaan luwak, hingga dapat merasakan suasana pedesaan tradisional yang masih kental.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com