Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pendaki Petik Edelweiss di Gunung Buthak, Langsung Ditegur

Kompas.com - 01/09/2020, 12:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Mendaki gunung merupakan aktivitas untuk menikmati keindahan alam, mulai dari awan yang menggumpal hingga tanaman yang ditemui di sekitar jalur pendakian.

Namun, tak jarang pula, ada oknum pendaki yang tidak mengetahui bahwa salah satu tindakannya bukan menikmati keindahan alam, justru merusak alam. Salah satu tindakan ini yaitu memetik bunga edelweiss.

Publik media sosial Instagram diramaikan oleh video sekelompok pendaki yang tampak memetik bunga edelweiss di Gunung Buthak, Jawa Timur.

Baca juga: Cerita Pendaki Usil Petik Edelweis yang Terus Berulang...

Video ini pertama kali diunggah oleh pendaki bernama Agus Kurniawan. Kepada Kompas.com, ia pun menceritakan bagaimana awal mula kejadian tersebut di mana ia memergoki sekelompok pendaki pemetik edelweiss.

"Jadi itu kejadiannya kemarin pagi, Mas. Sekitar jam 09.30, Minggu 30 Agustus 2020. Waktu itu saya dari tempat nge-camp mau ke arah puncak," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (31/8/2020).

"Setengah perjalanan kami menjumpai beberapa rombongan yang kami dapati sedang membawa pohon edelweiss dan bunganya," lanjutnya.

Baca juga: Edelweis di Gunung Tak Boleh Diambil

Dalam video berdurasi 28 detik tersebut, terlihat pria dan beberapa wanita membawa beberapa bunga edelweiss.

Si perekam video yaitu Agus pun langsung menegur tiga orang pendaki itu dan menginformasikan bahwa edelweiss tidak boleh dipetik.

"Seketika kami tegur, Mas, supaya tidak dicontoh oleh pendaki lainnya. Dan bunganya langsung ditaruh di bawah seperti yang ada di video saya, Mas. Orang-orangnya juga paham akhirnya," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com